Lapas Narkotika Kasongan akan Bangun Barak

ANNAS/BERITASAMPIT : Kakanwil Kemenkumham Kalteng, Dr Ilham Djaya, saat memasang patok di lokasi pembangunan barak petugas Lapas Narkotika Kasongan

KASONGAN – Meningkatkan kinerja pegawainya, Lapas Kelas II A Narkotika Kasongan akan membangun barak atau rumah tempat singgah para petugas.

Sebelum dibangunkannya barak tersebut, kegiatan dilakukan pemasangan patok tanah oleh Kakanwil Kemenkumham Kalteng, Dr Ilham Djaya, didampingi Kalapas II A Narkotika Kasongan Ahmad Hardi, di samping halaman kantor, pada Rabu 23 Juni 2021.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah daerah melalui Bupati Katingan yang telah mengalokasikan anggarannya untuk peningkatan kinerja pengawai di jajaran Lapas ke II A Narkotika Kasongan dalam rangka pembangunan barak pegawai Lapas,” terang Kakanwil Kemenkumham Kalteng, Dr Ilham Djaya, saat menyampaikan sambutannya.

Kegiatan pembangunan ini menurutnya, dapat meningkatkan kinerja pihaknya terutama dengan dibangunya barak tempat istirahat bagi pegawai. Pasalnya, kerja di Lapas Narkotika dengan waktu 24 jam dan tidak sama seperti tempat kantor lainnya yang bisa datang pagi dan pulang sore.

BACA JUGA:   Fakta Baru, Kasus Pembunuhan Warga Hampalit

Bagi pegawai Lapas ini dengan kerja pada pagi dan pada malam hari bisa masuk kerja lagi, sehingga bagi pegawai yang rumah cukup jauh seperti di kota Palangka Raya untuk pulang pergi bisa istriahat di barak yang disediakan nantinya. Dengan demikian bisa membantu pegawai mengurangi biaya dan lain-lainya.

“Harapan saya pembangunan ini bisa terlaksanakan dengan baik. Dengan sudah adanya bantuan dari pemerintah daerah makan harus bisa mendorong untuk bagaimana kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik. Baik itu fisiknya, pekerjaannya maupun dalam hal pertanggungjawabannya dan jangan menimbulkan permasalahan dikemudian hari,” tegas Ilham Djaya.

Usai kegiatan tersebut melanjutkan peninjauan kegiatan kemandirian salah satunya peternakan ayam potong di lokasi belakang Lapas II A Narkotika Kasongan. Ilham Djaya, menjelaskan terkait kegiatan pembinaa kemandirian ada dua, yaitu pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian. Untuk pembinaan kemandirian yaitu seperti pelatihan bercocok tanam, berternak, maun hal lainnya.

BACA JUGA:   Daging Ayam Tembus Rp 60 Ribu, Emak-emak Menjerit!

“Maka diharapkan mereka atau narapidana nanti jika pulang kerumah setelah habis masa pembinaan pidana, dan mereka bisa memiliki kemampuan baik seperti bisa bercocok tanam, beternak dan maupun kerajinan lainnya. Dan sekarang Lapas narkotika katingan sudah memberikan tempat itu untuk pembinaan kemandirian narapidana,” ungkapnya.

Sementara, Kalapas Kelas II A Narkotika Kasongan, Ahmad Hardi, mengatakan pembangunan barak petugas Lapas narkotika kasongan yang dibantu oleh pihak pemerintah daerah kabupaten katingan dan waktu pelaksanaan mulai bulan Juni dan selesai pada bukan Oktober 2021.

“Kegiatan seremonial pemasangan patok untuk pembangunan barak petugas ini diresmikan oleh Kakanwil Kemenkumham Kalteng, Dr Ilham Djaya. Diperkirakan selesai bulan Oktober mendatang, beliau juga mengharapkan Bupati Katingan bisa meresmikan bangunan ini apabila sudah selesai pekerjaannya,” jelas Ahmad Hardi.

(Annas/beritasampit.co.id)