Program Food Estate Kalteng Terus Ditingkatkan

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

PULANG PISAU – Program Food Estate di Bumi Tambun Bungai Kalimantan Tengah (Kalteng) terus ditingkatkan. Berbagai evaluasi telah dilakukan guna menyukseskan Program Strategis Nasional (PSN) tersebut.

Pemerintah Provinsi Kalteng juga terus melakukan berbagai kajian dan peningkatan untuk mendukung program ini.

Hal ini diutarakan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat meninjau langsung lokasi Food Estate di Desa Belanti Siam, Kabupaten Pulang Pisau, Senin 28 Juni 2021.

“Saat ini terlihat sudah kemajuan dari program ini, mulai dari peternakan, padi dan tanaman lainnya mengalami peningkatan yang cukup memuaskan. Ada beberapa kali dilakukan panen padi, kemudian melakukan evaluasi dan penanganan lanjutan untuk membantu masyarakat setempat,” jelas Sugianto.

BACA JUGA:   Gubernur Kalteng Minta Pasokan Elpiji di Daerah Banjir Terpenuhi

Sementara, dalam rangka mendukung pelaksanaan program food state di bidang permodalan dan keselamatan kerja, kata Sugianto, Pemerintah Provinsi Kalteng telah bersinergi dengan pihak perbankan.

Sinergitas ini diimplementasikan melalui program inklusi keuangan di lokasi ketahanan pangan, peningkatan UMKM hingga upaya peningkatan pendukung Food Estate lainya seperti peternakan, dan lainnya.

Selain itu, pengembangan inklusi keuangan di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas, dengan harapan kedua wilayah tersebut dapat berkembang secara mandiri serta lebih siap dan kuat untuk menjadi kawasan Food Estate yang juga secara bertahap melakukan percepatan pemulihan ekonomi nasional.

BACA JUGA:   Bawa Sabu-Sabu Saat Memancing, Tiga Pria Diciduk Polisi

“Food Estate tidak hanya bicara soal padi, jagung dan kedelai tetapi terbagi dalam beberapa klaster yang akan dikembangkan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, hortikultura dan peternakan modern terintegrasi dan banyak lagi, termasuk pengembangan SDM untuk masyarakat,” tutur Sugianto. (Hardi/beritasampit.co.id).