405 Warga Hasil Tracking Tes PCR, Dipantau Langsung Bupati Lamandau

WAWANCARA : ANDRE/BERITA SAMPIT - Bupati Lamandau H. Hendra Lesmana didampingi Sekretaris Daerah setempat Irwansyah dan Direktur Utama RSUD Lamandau, dr. Ning Agustina diwawancara awak media, Jumat 9 Juli 2021.

NANGA BULIK – Ratusan warga dari berbagai kalangan menjalani tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lamandau, Jumat 9 Juli 2021. Hal ini sebagai upaya dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lamandau.

Kegiatan tes PCR massal hasil tracking pasien positif Covid-19 tersebut langsung dipantau oleh Bupati Lamandau Hendra Lesmana, yang didampingi Sekretaris Daerah setempat Muhammad Irwansyah dan Direktur RSUD Lamandau, dr. Ning Agustina.

“Dari hasil tracking ada 405 orang yang akan mengikuti tes PCR, dari mereka ada beberapa kluster hasil tracking yang dilakukan Satgas Covid-19 Lamandau, baik masyarakat umum atau dari kluster dunia usaha,” ungkap Hendra Lesmana.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Lamandau: Safari Ramadan Mempererat Hubungan Pemerintah dan Desa

Menurutnya, tes PCR ini merupakan upaya Pemerintah Daerah untuk mendeteksi sekaligus mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Lamandau melalui operasi non yustisi rutin dari jajaran Satpol PP bersama TNI dan Polri akan langsung dilakukan tes antigen di tempat.

“Kita bukan hanya berbicara masalah kluster, PCR ataupun antigen, namun akan terus kita lakukan secara progresif ke masyarakat-masyarakat walaupun tidak ada kluster,” kata Hendra.

BACA JUGA:   Pasar Murah Langkah Strategis Menekan Inflasi Selama Ramadan dan Idul Fitri

Ratusan orang yang melakukan tes PCR tersebut selain warga hasil tracking, mereka juga pernah positif yang sebelumnya sudah menjalani karantina di pusat isolasi mess desa.

“Jika hasil yang keluar nantinya sudah negatif, maka mereka diperbolehkan untuk pulang, meskipun sudah sembuh kita imbau masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan,” pungkas Hendra. (Andre/beritasampit.co.id).