Bupati Murung Raya Terima Penghargaan dari Perpusnas RI

IST/BERITA SAMPIT- Bupati Mura, Perdie M Yoseph saat menerima penghargaan dari Perpusnas RI

PURUK CAHU- Dianggap sukses dalam melaksanakan program perpustakaan berbasis iknlusi sosial tahun 2020 lalu di Kabupaten Murung Raya, membuat Bupati Perdie M Yoseph menyabet penghargaan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI).

Penghargaan itu diterima dalam bentuk menerima bantuan berupa sepeda motor perpustakaan keliling, Pojok Baca Digital yang lengkap dengan Komputer dan Telivisi, Rak dan Buku serta buku perpustakaan desa.

Selain untuk Bupati Mura, juga diberikan penghargaan berupa hibah satu unit mobil perpustakaan keliling kepada Bupati Sumba, Barat Yohanis Dade yang dilaksanakan Ruang Rapat Pimpinan Perpusnas Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

BACA JUGA:   Ivo Beri Tips Detiksi dini Kanker Payudara

Pemberian penghargaan itu dimaksudkan untuk memaksimalkan program Murung Raya membaca melalui perpustakaan, agar masyarakat Murung Raya cerdas, sesuai dengan program Mura Cerdas menuju Mura Emas 2030.

“Bupati Mura baru menerima penghargaan dari Perpustakaan Nasional di Jakarta, ini bentuk apresiasi dari Perpusnas atas keberhasilan Bupati dalam melaksanakan program perpustakaan berbasis inklusi sosial pada tahun 2020 lalu,” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mura, Yulianus, Kamis 15 Juni 2021.

BACA JUGA:   Pemkab Murung Raya Tingkatkan Kemampuan Personel Penanggulangan Karhutla

Menurut Yulianus, penghargaan ini berikan atas kegigihan dan keseriusan pemerintah daerah dalam mencerdaskan masyarakat melalui program perpustakaan sehingga angka melek baca bisa meningkat di Mura.

“Implementasinya melek Perpustakaan ini terus berkembang ke desa, sehingga melalui akses yang dekat membuat masyarakat rajin membaca memalui sarana yang ada di desa,” ujar Yulianus lagi.

Selain itu juga, keberadaan perpustakaan keliling juga akan membantu untuk menjangkau agar masyarakat yang jauh dari fasilitas perpustakaan dapat membaca, sesuai dengan bahan buku bacaan yang disediakan.

(Lulus/beritasampit.co.id)