Pemkab Barsel Tebar 20 Ribu Bibit Ikan

Kabid Perikanan DKPPP Barito Selatan Mustakim disaksikan Kepala DKPPP Barsel Ida Safitri menyerahkan bibit ikan kepada Sekretaris Desa Pamait, Jumat 16 Juli 2021.//Ist-ANTARA/Bayu Ilmiawan;

BUNTOK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah, melalui Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP), menebar 20 ribu ekor bibit ikan patin di perairan Desa Pamait, Kecamatan Dusun Selatan.

Kepala DKPPP Barito Selatan (Barsel), Ida Safitri, Penebaran bibit ikan ini untuk menambah dan menjaga stok ikan jenis patin tetap terus ada di perairan tersebut.

“Melalui penebaran bibit ikan atau restocking ini juga untuk memperkaya stok ikan yang ada di perairan ini,” ucapnya usai menebar benih ikan, Jumat 16 Juli 2021.

Tujuan lain DKPPP Barito Selatan penebaran bibit ikan atau restocking ini, lanjut Ida, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, setidaknya di Desa Pamait.

BACA JUGA:   PTM di Barsel Diizinkan, Isi Kelas Hanya 50 Persen Murid

Untuk tahun 2021 penebaran bibit ikan dilakukan pada perairan di Desa Pamait, sedangkan pada tahun sebelumnya dilaksanakan di sejumlah perairan yang tersebar di enam kecamatan.

“Pada tahun ini, kita juga bekerja sama dengan FAO untuk pengembangan beje modern di Desa Batilap dan Batampang, Kecamatan Dusun Hilir,” kata Ida. Dikutip dari Antara.

Kepala Bidang Perikanan DKPPP Barsel, Mustakim, menambahkan, penebaran bibit ikan ini rutin dilaksanakan. Pada tahun 2021 ini, restocking laksanakan di Desa Pamait, sedangkan pada tahun sebelumnya di Danau Sanggu dengan menebar ikan gurami.

BACA JUGA:   Sanksi Pidana Ranperda Pencegahan Covid-19 Barsel Masih Dibahas

“Setiap danau yang ada di Barsel, akan dilakukan restocking. Kami sudah merencanakan, dari delapan danau yang tersebar di enam kecamatan di kabupaten ini,” kata Mustakin.

Sementara Sekretaris Desa Pamait, Alsyahid menyampaikan terima kasih kepada DKPPP yang telah menebar bibit ikan di perairan ini.

“Ini merupakan kegiatan yang akan memberikan manfaat di kemudian hari untuk warga desa Pamait. Kami juga mengharapkan kegiatan restocking ]dapat dilaksanakan secara terus menerus dalam setiap tahunnya di perairan ini,” kata Alsyahid.

(BS-65/beritasampit.co.id)