Antusias Warga Kobar Tinggi Ikuti Vaksinasi Covid-19

Ilustrasi Kang Maman.

Oleh : Maman Wiharja

Pemerintah secara resmi sejak 3 Juli – 20 Juli 2021 telah mengintruksikan perberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Dengan intruksi tersebut, jajaran tim khusus Satgas Covid-19 yang dipimpin Bupati Kobar Hj Nurhidayah bersama Unsur Forkopinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Kobar mulai menyusun berbagai kebijakan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah.

Salah satu kebijakan yang diambil yaitu memperketat penyekatan dijalur perbatasan Kota Kabupaten dan sejumlah lokasi tranportasi Pelabuhan Laut dan Bandara yang tujuannya mengurangi mobilitas masa dengan tujuan menekan laju penyebaran Covid-19.

Selain itu juga dilakukan pembatasan aktifitas dibeberapa Kelurahan dan Desa sebagian sudah diberlakukan PPKM secara khusus, seperti dilokasi perumahan yang hasilnya disambut antusias masyarakat Kobar.

Kemudian menyusul, adanya perpanjangan PPKM dan yang terakhir perpanjangannya disebut menjadi dasar PPKM dari level -1 sampai level- 4 yang kembali diperpanjang hingga 9 Agustus 2021.

BACA JUGA:   Pilpres 2024 PDIP Terancam Terbelah dan 3 Calon Kuat

Berbagai kegiatan Tim Satgas Covid-19 dari PPKM level -1 sampai level- 4 yang sekarang sedang berjalan, khususnya dalam pelaksanaan giat vaksinasi, pengamatan penulis masyarakat Kabupaten Kobar nampaknya semakin antusias mengikuti vaksinasi.

Pengamatan penulis, seiring dengan pelaksanaan PPKM Darurat yang sebelumnya di Kabupaten Kobar sudah diwarnai dengan kegiatan vaksinasi semakin gencar dilaksanakan.

“Ahmamdullilah, setiap digelar kegiatan vaksinasi, pesertanya dari mulai usia remaja sampai dewasa dan lansia, jumlahnya semakin banyak hampir mencapai target,” kata Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat memantau kegiatan Merdeka Bervaksin yang digelar Polres Kobar, Selasa, 3 Agustus 2021.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kobar yang dilaksanakan Satgas Penanganan Covid-19 Kobar dosis pertama untuk pelayan publik sampai Minggu 25 April 2021 sudah mencapai 7.803 peserta atau 33,34 persen dari target 23.407 peserta.

BACA JUGA:   HM Arsyad dan Letkol Hasyim Djafar Duet Pahlawan Sejati Asal Kotawaringin Timur

Terhitung sampai 4 Agustus 2021, menurut Kadis Kesehatan Kabupaten Kobar Achmad Rois total pelayanan publik 205.533 peserta. Dosis-1- mencapai 131,07 persen dan Dosis-2- 126,03 persen.

Tingginya antusiasnya masyarakat ikuti vaksinasi Covid-19 tentunya berkat berbagai upaya jajaran Tim Satgas Penanganan Covid-19 yang didukung semua pihak khususnya masyarakat Kobar.

Dalam pelaksanaan PPKM level-4 yang akan berakhir 9 Agutus 2021, pengamatan penulis tentunya masyarakat harus lebih mematuhui protokol kesehatan, khususnya melaksanakan gerakan 5 M : Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi. SEMOGA*****

Penulis Adalah wartawan Beritasampit.co.id yang berdomisili di Pangkalan Bun.