Kebiasaan Baru KPU Kotim,  Rutin Dengarkan Lagu Indonesia Raya dan Pembacaan Pancasila

Suasana rutinitas apel Senin pagi yang dilakukan KPU Kotawaringin Timur. (dok. KPU Kotim)

SAMPIT – Dalam satu bulan terakhir, Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), melalukan kebiasaan rutin baru pada hari tertentu selain melaksanakan menyelenggarakan pemilu yang menjadi tugas utama dari lembaga tersebut.

Ketua KPU Kotim Siti Fathonah Purnaningsih, mengakui pihaknya pada hari-hari yang ditentukan  menyelenggarakan kegiatan apel atau upacara bendera, mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan teks Pancasila.

BACA JUGA:   Ini Identitas dan Kronologis Laka Adu Banteng Dua Sepeda Motor hingga Korban Meninggal Dunia

“Setiap Hari Senin,  wajib melaksanakan Apel dan Upacara. Untuk petugas upacara dilakukan secara bergiliran. Pemimpin ucapara bergantian dari  komisioner dan sekretaris KPU,” kata Fathonah, Jumat 20 Agustus 2021.

Sedangkan hari Selasa dan Kamis, kata dia menambahkan, di kantornya akan mendengarkan lagu Indonesia Raya. Sementara hari Rabu dan Jumat ada pembacaan teks Pancasila.

BACA JUGA:   Petugas Pemilu KPU dan Bawaslu di Katingan Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Disebutkan, kegiatan-kegiatan itu juga dilakukan oleh semua KPU di kabupaten lain.

Menurut dia, dari kegiatan tersebut memiliki nilai positif, terus bangun rasa patriotisme cinta tanah air.

“Semua sama melaksanakan kegiatan yang sama pada hari yang telah ditentukan. Rutinitas ini adalah arahan dari KPU RI yang dilaksanakannya,” demikian Fathonah.

(ZR/beritasampit.co.id)