Andrie Elia : Pandemi Covid-19 mengajarkan kita pola hidup sehat

IST/ BERITA SAMPIT - Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr. Andrie Elia, S.E., M.Si.

PALANGKA RAYA – Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Andrie Elia menjadi narasumber secara virtual dalam dialog pagi bersama TVRI Kalimantan Tengah dengan tema “Peduli di Masa Pandemi” yang dipandu oleh Pembawa acara kondang Kalteng, Neni Maria, Senin 23 Agustus 2021.

Dikatakan Sekretaris Tim Solidaritas Kemanusiaan Huma Betang (SKHB) ini juga bahwa, semangat kepedulian untuk saling membantu sudah cukup baik, contohnya semangat saling membantu lewat donor plasma yang pernah ia dapatkan, selain itu juga kepedulian dan gotong royong yang saat ini sedang dilakukan SKHB.

“Pandemi covid 19, mengajarkan kita mengenai banyak hal, antara lain disiplin untuk menjaga Protokol Kesehatan (Prokes), pola hidup bersih dan sehat. Meningkatkan kemampuan dalam bidang IT, khususnya bagi kelompok pelajar/mahasiswa dalam membatasi diri untuk melakukan banyak hal yang tidak diperlukan di luar rumah, pengembangan pendidikan keluarga yang lebih bermakna,” terang Andrie Elia.

Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng ini juga menjelaskan bahwa generasi muda dapat berperan aktif di masa pandemi ini, misalnya melakukan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat

BACA JUGA:   Pejabat Daerah Kalteng Hadiri Rapat Koordinasi bersama Mendagri

“Generasi muda bisa menggunakan kanal-kanal media komunikasi, khususnya media sosial untuk menyampaikan informasi dan edukasi tentang covid-19 dan upaya penanggulangannya dengan cara pendekatan sesuai gaya anak muda, khususnya tentang pentingnya vaksin sebagai upaya perlindungan terhadap covid 19,” tuturnya.

Ketua Kagama Kalteng tersebut juga menyampaikan bahwa generasi muda, selaku generasi penerus memiliki peran penting terhadap kemajuan generasi muda kaya akan Inovasi dan gebrakan akan hal yang baru, apalagi berbasis teknologi. Dengan semua itu tentunya generasi muda memiliki peran sebagai inovator dan juga agent of change agar dapat beradaptasi pada masa pandemi ini.

Dengan itu juga dirinya ditanya dalam pandangan nya sebagai akademisi terhadap program penanganan Covid -19 oleh pemerintah pusat hingga kabupaten, Ia menjelaskan apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah sudah menyentuh ke lapisan bawah, namun masih perlu percepatan dan upaya terobosan yang terus menerus melalui pelibatan sinergitas banyak pihak di semua tingkatan seperti yang tengah dilakukan pemerintah pusat dan daerah Provinsi, Kabupateng, Kota juga bekerja sama dengan TNI Polri saat ini.

BACA JUGA:   Pemerintah Provinsi Kalteng Kembali Luncurkan Mudik Gratis, Begini Cara Daftarnya

“Ada beberapa hal yang dilakukan oleh tim SKHB dalam masa pandemi ini, diantaranya dengan pemberian sembako bagi korban terdampak covid-19 serta pelaksanaan vaksin untuk masyarakat serta edukasi mengenai pola hidup bersih dan sehat. Dan saya berharap kepada seluruh elemen untuk terus bekerja, bersinergi dengan seluruh komponen bangsa untuk dapat memenangkan pertarungan melawan covid 19 melalui cara cerdas untuk kerja tuntas mewujudkan Indonesia yang semakin tumbuh dan Indonesia yang semakin tangguh,” tutup Andrie Elia.

Untuk diketahui bahwa, H Agustiar Sabran merupakan Ketua SKHB Kalteng yang juga merupakan Anggota DPR-RI Dapil Kalteng sekaligus juga Ketua Umum Dewan Adat Dayak Provinsi Kalimantan Tengah.

(M.Slh/Beritasampit.co.id)