Hampir Semua Desa di Katingan Tengah Pinggir DAS Terendam Banjir, Berikut Datanya

IST/BERITA SAMPIT - Camat Katingan Tengah Yobie Sandra, saat memantau banjir yang terjadi di Tumbang Samba.

KASONGAN – Sampai saat ini akibat musibah banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan ada sebanyak kurang lebih 1.452 unit rumah yang terendam.

Dari jumlah tersebut tersebar di beberapa desa seperti Kelurahan Samba Kahayan, Desa Samba Bakumpai, Desa Samba Katung, Desa Samba Danum, Desa Batu Badinding, serta wilayah sekitarnya. Musibah banjir hampir menimpa seluruh desa di wilayah Kecamatan Katingan Tengah yang berada di pinggir Daerah Aliran Sungai (DAS) Katingan.

Camat Katingan Tengah, Yobie Sandra, Selasa 24 Agustus 2021 mengatakan, selain rumah warga yang terendam ada juga 8 unit rumah ibadah (3 Masjid dan 5 Surau), Kemudian 5 Fasilitas Sekolah (2 SD dan 3 TK) dan 1 Posyandu. Sementara untuk alat transportasi sungai atau feri penyeberangan tidak ada yang operasi.

BACA JUGA:   DPRD Katingan Minta Warga Tetap Waspada Banjir

Dijelaskan Yobie, penyebab musibah banjir ini karena terjadinya hujan dengan intensitas yang tinggi di wilayah hulu Kecamatan Katingan Tengah dan menyebabkan luapan DAS sungai samba dan sungai Katingan meluap ke dataran rendah yang lebih rendah, salah satunya di wilayah Kecamatan Katingan Tengah dan wilayah lainnya seperti Sanaman Mantikei, Marikit dan Katingan Hulu.

Banjir ini selalu terjadi setiap tahun di Kecamatan Katingan Tengah karena merupakan daerah dataran rendah. “Kita juga bersama Muspika selalu memantau perkembangan pasang surutnya air, serta mengimbau masyarakat yang terkena dampak bencana banjir agar tetap waspada,” ujarnya.

“Dari pantauan sejak Selasa 24 Agustus 2021 ini air sudah turun secara bertahap kurang lebih 15-20 cm, namun tetap waspada banjir susulan karena curah hujan cukup tinggi,” kata Yobie.

BACA JUGA:   Saksi Ahli Nyatakan Penetapan Tersangka JS Mantan Kadis Pendidikan Katingan Tidak Sesuai Aturan

Terkait bantuan sembako maupun obat-obat dari Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang sudah melakukan pemantauan dan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak musibah banjir di Kecamatan Katingan Tengah. Selain itu ada juga bantuan dari pihak Polda Kalteng dan Polres Katingan.

“Sementara untuk bantuan obat-obatan sudah ada dari pemerintah daerah melalui UPTD Puskesmas Tumbang Samba. Diharapkan kepada posko masing-masing desa/kelurahan apabila ada warga yang sakit dan segera dilakukan evakuasi. Kita berdoa semoga banjir terjadi ini cepat surut,” pungkasnya. (Annas/beritasampit.co.id).