Pandih Batu Studi Tiru Ke BUMDes Bersama “Mitra Smart” Mentaya Hilir Utara

KUNJUNGAN : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Plt Camat MHU saat menyampaikan maksud dan tujuan studi tiru Kecamatan Pandih Batu, Pulpis, ke BUMDES Bersama "Mitra Smart" di Desa Bagendang Hulu, MHU, Kotim, Kalteng.

SAMPIT – Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) dan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), mengadakan studi tiru ke Kecamatan Mentaya Hilir Utara (MHU), Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kehadiran rombongan itu, selain mengadakan silaturahmi juga tertarik untuk mempelajari bagaimana Transformasi Dana Perguliran menjadi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama “Mitra Smart”. Pembukaan kegiatan dan sekaligus penyampaian materi dipusatkan di Aula Sungai Sampit Kantor Kecamatan MHU.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kotim Hawianan melalui Kepala Bidang PMD Candra Riana Dewi mengucapkan selamat datang kepada rombongan karena mempercayakan BUMDes Bersama “Mitra Smart” Kecamatan MHU sebagai tempat studi tiru.

BACA JUGA:   BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Pihak Kecamatan Sosialisasikan Manfaat Jaminan Sosial

“Kami mengucapkan selamat datang di Kotim, terima kasih karena dikunjungi dan mempercayai BUMDes Bersama di MHU sebagai tempat belajar. Walaupun, apa yang kami lakukan belum sempurna. Kami harapkan kedepannya bisa sharing dan saling melengkapi,” ujarnya, Kamis 26 Agustus 2021.

Sementara itu, Pelaksana tugas Camat MHU Muslih melaporkan bahwa sudah ada beberapa kabupaten mengadakan studi tiru ke BUMDes Bersama “Mitra Smart” tentang transformasi dana perguliran menjadi BUMDes Bersama.

“Kami juga perlu adanya masukan menambah pengalaman bagaimana pengelolaan BUMDes yang lebih baik kedepannya,” katanya.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Akan Panggil Kadis yang Enggan Jawab Pertanyaan Wartawan

Muslih menyebutkan, ada beberapa jenis usaha yang sudah dijalankan BUMDes Bersama “Mitra Smart” misalnya, toko, usaha simpan pinjam, kerja sama dengan pihak Bank dan kedepannya akan membangun SPBU Bersama.

Ketua Unit Pelaksana Kegiatan, Kecamatan Pandih Batu Vilna Rery menyampaikan, pihaknya ada keinginan untuk mengetahui lebih dekat bagaimana tentang transformasi dana perguliran menjadi BUMDes Bersama, serta jenis-jenis usaha yang sudah berjalan hingga sekarang.

“Hasil studi tiru ini akan kami pelajari bersama dan yang sesuai akan diterapkan sesuai dengan kondisi wilayah Kecamantan Pandih Batu,” janjinya.

(ifin/beritasampit.co.id)