Jalan Trans Kalimantan Kasongan-Kereng Pangi Terendam Banjir, Motor Matic Disarakan Jangan Lewat

ANNAS/BERITA SAMPIT - jalan Trans Kalimantan Kota Kasongan – Kereng Pangi terendam banjir

KASONGAN – Sebelumnya pada tahun 2020 Kabupaten Katingan mengalami musibah banjir yang parah dari tahun sebelumnya. Banjir yang terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi tersebut menyebabkan luapan air Daerah Aliran Sungai (DAS) Katingan meluap ke dataran rendah.

Kemudian membuat permukiman rumah masyarakat terutama di wilayah selatan atau Hulu kecamatan Kabupaten Katingan mengalami musibah ini.

Hingga sekarang musibah banjir kembali terjadi pada tahun 2021 ini dan mulai sampai ke Kota Kasongan, Kecamatan Katingan Hilir, hingga kecamatan yang paling bawah.

Dari pantauan pada Sabtu 28 Agustus 2021, bahwa sejumlah jalan Trans Kalimantan yang melintasi Kota Kasongan sudah terendam banjir selama 3 hari ini, salah satunya titik yang cukup parah di jalan Trans Kalimantan Kota Kasongan – Kereng Pangi, tepatnya di Km 2 setelah SPBU. Banjir diperkirakan sepanjang 100 meter lebih dengan ketinggian selutut orang dewasa.

BACA JUGA:   Upaya Pengawasan dan Edukasi, Pj Bupati Katingan Kunjungi Rumah Keluarga Terindikasi Stunting

Lajunya lalu lintas pun dijaga pihak Satlantas Polres Katingan dan TNI serta warga setempat. Untuk pengendara motor seperti motor matic mungkin tidak disarakan melewati jalur jalan Trans Kalimantan Kota Kasongan – Kereng Pangi tersebut. Untuk solusinya lebih baik menggunakan jasa angkutan mobil pikap yang disediakan masyarakat dilokasi itu.

Selain itu, titik terendam banjir juga terjadi di Km 3,4 atau tikungan bajang (sebelum rumah makan ceria), Km 1 Kota Kasongan tepatnya jalan depan Sekretariat KNPI Katingan, dan tikungan sebelum bundaran depan rumah makan padang. jalan ini masih bisa dilewati kendaran mobil dan Motor.

Sementara itu, sejumlah fasilitas umum, pasar tradisional Kota Kasongan, Sekolah SD, SMP, SMA, berbagai warung makan pun ada yang tidak beroperasi lagi akibat banjir yang terjadi. Ini hanya di Kota Kasongan saja, belum lagi di berbagai desa-desa yang tersebar di wilayah Kecamatan Kabupaten Katingan.

BACA JUGA:   Antisipasi Praktik Kecurangan, Polisi Pantau SPBU

Kemudian, dari pantauan pada Sabtu 28 Agustus 2021 ini juga, Kota Kasongan dan sekitarnya sedang landah hujan sedang. Bambang, salah satu warga Kasongan yang terdampak banjir mengatakan bahwa mulai pagi tadi banjir ada mengalami penurunan. Tetapu hanya sedikit atau sekira 10 cm, dan sampai sore inu kondisi air di wilayah kecamatan katingan hilir mulai bertahan.

” Memang banjir selalu terjadi setiap tahunnya. Banjir yang terjadi ini pun kiriman dari wilayah Hulu Katingan yang merupakan dataran tinggi jalur sungai Katingan yaitu di Desa Tumbang Sanamang, Kecamatan Katingan Hulu dan Tumbang Hiran, Kecamatan Marikit dan Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah. Saat ini banjir disana mulai turun ke bagian bawah kecamatan salah satunya Kota Kasongan,” pungkasnya.

(Annas/beritasampit.co.id)