Bupati Seruyan Ikuti Kegiatan MCP Bersama KPK

KUALA PEMBUANG – Bupati Seruyan Yulhaidir mengikuti secara daring kegiatan sinergitas penguatan tata kelola Pemerintah Daerah melalui Monitoring Centre For Prevention (MCP) bersama KPK, Kemendagri dan BPKP, di Pendopo Rumah Jabatan. Selasa, 31 Agustus 2021.

Kegiatan itu dalam rangka optimalisasi perbaikan sistem tata kelola pemerintahan di daerah melalui. Dalam kegiatan tersebut, Bupati Seruyan Yulhaidir didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adhian Noor dan Inspektur Daerah Agus Suharto.

Pengelolaan bersama MCP pencegahan korupsi ini dilounching langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian.

BACA JUGA:   BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Pihak Kecamatan Sosialisasikan Manfaat Jaminan Sosial

Program yang digagas oleh KPK ini menggandeng Kemendagri dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk memperkuat upaya pencegahan tindak korupsi di seluruh wilayah Indonesia.

MCP yang telah dikembangkan secara berkala oleh KPK nantinya dapat menjadi tolak ukur baru untuk menilai keberhasilan tata kelola pemerintahan di suatu daerah.

Sementara itu, ada delapan area intervensi MCP, yakni perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, perizinan, pengawasan APIP, manajemen ASN, optimalisasi pajak daerah, manajemen aset daerah, dan tata kelola keuangan desa.

BACA JUGA:   Pemkab Seruyan Gelar Kajian Ramadan di Sekretariat Daerah

Kegiatan launching MCP merupakan bagian dari rangkaian Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah secara Nasional (Rakorwasdanas) Tahun 2021. Selain meluncurkan MCP, dalam kesempatan tersebut Kemendagri juga melaunching Aplikasi Sistem Infomasi Pengawasan Inspektorat Jenderal (SIWASIAT). (ASY)