Lantik 89 Pejabat, Bupati Barsel Dorong ASN Tingkatkan Kinerja

LANTIK : Ded/BERITA SAMPIT - Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri ST, saat melantik 89 pejabat eselon lingkup Pemkab Barsel.

BUNTOK – Bupati Barito Selatan (Barsel) H Eddy Raya Samsur melantik sebanyak 89 pejabat eselon II, III, IV, pejabat fungsional tertentu dan pelaksana dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel, Kamis 2 September 2021 bertempat Gedung Pertemuam Umum (GPU) Jaro Pirarahan Buntok.

Dalam sambutannya Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri menyampaikan rotasi jabatan merupakan penyegaran dalam rangka menunjang pencapaian visi dan misi Kabupaten Barsel 2017-2022 serta sebagai wujud dari perubahan.

“Telah layak berada, pada jabatan ini dan yang diharapkan dapat membantu mewujudkan Kabupaten Barsel lebih maju lagi,”Katanya.

Terlebih lagi, pada akhir tahun 2024 mendatang pusat pemerintahan akan berpindah ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang berimplikasi pada pemindahan pembangunan kantor-kantor serta lembaga pemerintahan yang lainnya.

“Tentunya hal ini, akan memerlukan lebih dari 1 juta Aparatur Sipil Negara (ASN) yang harus memiliki kompetensi yang baik dan jika ini tidak disikapi dengan cermat maka ASN lokal akan kalah bersaing dan tersisih dengan ASN dari daerah lain,”terangnya.

BACA JUGA:   Tak Berkutik, Bandar Sabu Ini Ditangkap Polisi Dipinggir Jalan

Oleh karena itu lanjutnya, mulai saat ini harus persiapkan ASN dengan sebaik-baiknya dan mendorong untuk selalu mengembangkan diri serta menciptakan budaya inovasi dilingkungan kerja masing-masing.

Dengan adanya ibu kota negara yang baru kata Eddy Raya Samsuri, tentunya Kabupaten Barsel akan menjadi kabupaten penyangga dalam hal mobilisasi penduduk, ekonomi, pangan, perkebunan.

“Untuk menjamin ketersediaan pangan maka dari itu pemerintah pusat telah memprogramkan food estate di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan luas lahan 165.000 hektare yang saat ini berada di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau,”bebernya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kabupaten Barsel ini menambahkan kurang lebih delapan bulan lagi masa jabatannya sebagai Bupati Barsel bersama Ibu Wakil Bupati akan berakhir. Untuk itu dia mengingatkan, agar semua perangkat daerah untuk terus memacu kinerja seluruh ASN.

BACA JUGA:   PT Adaro Indonesia Gelar Vaksinasi Covid-19 di Desa Rangga Ilung

“Ciptakanlah kreasi dan inovasi, dalam melaksanakan tugas sebab tantangan kedepannya tidaklah semakin mudah oleh karena itu. Tingkatkan terus, kompetensi dan kemampuan yang dimiliki,” tukas Eddy Raya Samsuri.

Adapun pejabat eselon yang dilantik tersebut terdiri dari, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Eselon II/b 2 orang, Pejabat Administrator Eselon III/a 1 orang, Pejabat Administrator Eselon III/b 16 orang, Pejabat Pengawas Eselon IV/a 57 orang, Pejabat Pengawas Eselon IV/b 3 orang, Pejabat Fungsional Tertentu 9 orang dan Pelaksana 1 orang.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji 89 Pejabat eselon tersebut juga dihadiri Unsur Forkopimda Barsel, Wakil Ketua DPRD Barsel Hj Enung Irawati, Sekda Barsel Eddy Purwanto, seluruh Kepala SOPD Barsel serta tamu undangan yang lainnya.

(Ded/beritasampit.co.id)