Kepala BPBD Kobar: Banjir di Kecamatan Arut Utara Mulai Surut

IST/BERITA SAMPIT - Tim BPBD, Polsek, Koramil Arut Utara saat mantau debit banjir yang melanda 1 kelurahan dan 10 desa di Kecamatan Arut Utara, tampak sudah mulai surut.

PANGKALAN BUN – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Syahruni mengatakan informasi banjir terkini Senin, 13 September 2021 di 1 kelurahan dan 10 desa di Kecamatan Arut Utara, airnya mulai surut.

“Alhamdulilah, hasil pemantauan tim BPBD, banjir di wilayah Kecamatan Arut Utara sudah mulai surut. Debit air dari titik tertinggi 210 cm saat ini semakin menurun sekitar 180 cm,” kata Syahruni, dikonfirmasi, Senin 13 September 2021.

Menurut Syahruni, sementara rumah yang masih terendam hanya tinggal beberapa rumah lagi yang jumlahnya masih sedang didata. “Kalau jalan desa sudah mulai aman karena airnya sudah surut. Dan bagi warga desa yang sakit akibat banjir belum ada laporannya masih aman,” ujar Syahruni.

BACA JUGA:   Berdiri Tahun 1961 dengan Modal Dasar Rp10 Juta, Bank Kalteng Sekarang Berhasil Menumbuhkan Aset Sampai Rp15,19 Triliun (Bagian 02)

Terpisah Kapolsek Arut Utara Ipda Agung Sugiharto saat dikonfirmasi juga membenarkan banjir di Kecamatan Aruta sampai Senin, 13 September 2021 sudah mulai surut.

“Kami bersama tim, dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Aparat Pemerintah Desa serta Relawan, hari ini mulai Pukul 09.00 WIB melaksanakan kegiatan pemantauan ke lokasi banjir, pengecekan debit air di Kelurahan Pangkut, Desa Sukarami dan Desa Gandis,“ kata Agung.

BACA JUGA:   Hati-Hati Jalan di Sekitar Perkebunan Sawit, Banyak Ular Cobra

Kata Agung, selain cek debit air juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan waspada apabila sewaktu-waktu cuaca berubah.

“Apabila warga ada keluhan sakit yang dirasakan  agar segera melaporkan kepada aparat desanya, untuk diperiksa kesehatannya di Puskesmas. Kegiatan hari ini Senin, 13 September 2021, sampai Pukul 11.45 berjalan aman dan lancar,” pungkas Ipda Agung Sugiharto. (Man/beritasampit.co.id).