Ketua DPRD Kalteng Harap Tahun 2028 PON Dilaksankan di Bumi Tambun Bungai

IST/BERITA SAMPIT - Ketua DPRD Kalimantan Tengah Wiyatno.

PALANGKA RAYA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Wiyatno mengharapkan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pada tahun 2028, Kalteng dapat menjadi tuan rumah pada ajang empat tahunan tersebut.

Dimana, ajang bergengsi pesta olahraga terbesar di tanah air tersebut berdasarkan informasi bahwasanya Provinsi Aceh mendapatkan peluang untuk menyelenggarakan PON pada tahun 2024.

“Pada PON di Aceh nanti Kalteng harus berjuang masuk 10 besar. Sehingga pada tahun 2028 diharapkan Pemerintah Pusat memberikan kesempatan kepada Kalteng agar bisa menjadi tuan rumah PON,” terang Wiyatno melalui keterangan tertulis, Selasa 12 Oktober 2021.

BACA JUGA:   Dukung Pembanguan SDM, Ferry Khaidir Temui Rektor UMP

Politisi dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) ini juga mendorong agar Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalteng dapat menyiapkan segala sesuatu, sehingga dapat menjadi tuan rumah.

“Mulai sekarang KONI harus mempersiapkan pelatih dan atlet. Demikian juga Pemerintah Provinsi harus menyiapkan infrastrukur penunjang, baik kesiapan perhotelan, bandara dan fasilitas penunjang lainya, itu harus disiapkan mulai dari sekarang. Saya sebagai pimpinan lembaga mengharapkan dan mendukung Kalteng bisa menjadi tuan rumah PON tahun 2028 nanti,” tutur Wiyatno.

Lebih lanjut, ia juga meminta kepada dunia usaha yang ada di Kalteng agar dapat membantu mewujudkan Kalteng menjadi tuan ruman PON tahun 2028.

BACA JUGA:   Faridawaty Ajak Pelajar Kunjungi Museum Balanga

“Semua perusahaan besar swasta yang ada di wilayah ini saya harapkan juga berpartisipasi membantu Pemerintah dan KONI dalam pengembangan kemampuan para atlet-atlet kita,” ujarnya.

Dengan demikian untuk lokasi penyelenggaraan cabang olahraga nanti secara teknis dapat dibagi pada tiap daerah Kabupaten dan Kota. Hal ini agar, Kabupaten/Kota juga dapat mempersiapkan segala sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan PON tahun 2028 nanti.

“Segi anggaran persiapan harus dipersiapkan dari sekarang. Agar nantinya Pemerintah Pusat dapat menetapkan PON tahun 2028 di Kalteng,” tutup Wiyatno. (M.Slh/beritasampit.co.id).