Asyik, Desa Danau Sadar Segera Miliki Wisata Kuliner dan Kolam Pemancingan Ikan

DEDDY/ BERITA SAMPIT : Kades Danau Sadar Jumadi

BUNTOK – Pemerintah Desa (Pemdes) Danau Sadar Kecamatan Dusun Selatan (Dusel) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat setempat melalui program pemberdayaan.

Untuk mendukung rencana program tersebut, pada tahun 2021 ini akan segera membangun wisata kuliner dan kolam pemancingan ikan.

Kepala Desa (Kades) Danau Sadar Jumadi kepada Beritasampit.co.id Kamis 21 Oktober 2021 mengatakan, rencana akan dibangunnya program wisata kuliner dan kolam pemancingan ikan tersebut disesuaikan dengan potensi Desa Danau Sadar sendiri yang berlimpah akan ikan sungai.

Dikatakannya, adapun luas lokasi untuk pembangunan wisata kuliner ini dengan panjang 155 meter dan lebar 51 meter sedangkan luas pembuatan dua buah kolam pemancingan ikan yakni 40×40 meter.

BACA JUGA:   Kembangkan Sektor Pertanian, Bupati Barsel Kembali Serahkan Bantuan Alsintan

“Bahkan untuk lokasi, wisata kuliner dan kolam pemancingan ikan ini berseberangan dengan kantor desa tepat dipinggir jalan raya dan tidak jauh dari sungai barito,” katanya.

Menurut Jumadi, pembangunan wisata kuliner dan dua kolam pemancingan ikan ini rencananya tiga bulan bulan ke depan untuk tahap awal pihaknya akan segera membersihkan lokasi pembangunannya dan membuat dua kolam pemancingan ikan terlebih dahulu.

“Setelah selesai pembuatan kolam ikan, tahap berikutnya langsung membangun tempat wisata kuliner tersebut,” jelasnya.

Bilamana wisata kuliner plus kolam pemancingan ikan ini sudah bisa difungsikan lanjutnya, efeknya sangat postifif sekali karena akan menjadi lahan pendapatan dan peningkatan perekonomian warga desa danau sadar sendiri.

BACA JUGA:   PN Buntok Launching Aplikasi Online HADAPI, Ini Manfaatnya

“Bahkan juga, akan membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Barsel dari sektor pariwisata,” beber Jumadi.

Ditambahkannya, rencana pembangunan wisata kuliner dan kolam pemancingan ikan ini pihaknya juga akan menyampaikan kepada Disporabud Kabupaten Barsel sekaligus mendengarkan arahan dalam pembangunan wisata kuliner ini.

“Tentunya kalaupun ada, pihak-pihak yang lain ingin ikut membantu pembangunan wisata kuliner ini pihak selalu terbuka apalagi ada bantuan dari instansi terkait,” pungkas Jumadi. (Ded/beritasampit.co.id)