Kesadaran Masyarakat Barsel Taati Prokes Meningkat

DEDDY/BERITA SAMPIT : Kepala UPTD Puskesmas Baru Kalam Jihad, S.Kep,MMRs.

BUNTOK – Kepala UPTD Puskesmas Desa Baru Kecamatan Dusun Selatan (Dusel) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Kalam Jihad, menyebutkan, untuk memutus mata rantai penyebaran wabah pademi-Covid-19 di wilayah kerjanya selalu gencar melaksanakan vaksinasi dan imbauan untuk mentatati Protokol Kesehatan (Prokes).

“Alhamdulillah hingga saat ini, tingkat kesadaran masyarakat Desa Baru mentaati prokes tersebut semakin hari semakin meningkat,”kata Kalam Jihad kepada beritasampit.co.id Kamis, 11 Nopember 2021.

Dikatakannya, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mentaati prokes tersebut selama ini pihaknya tidak henti-hentinya menghimbau kepada masyarakat desa baru untuk selalu mentaati prokes dengan 5M.

“Iimbau tersebut baik dengan melakukan sosialisasi maupun informasi yang disampaikan melalui spanduk dan banner dan Alhamdulillah tingkat kesadaran masyarakat di desa baru mentaati prokes semakin meningkat,”Kata Kalam Jihad.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

Menurutnya, terkait vaksinasi Covid-19 yang UPTD Puskesmas Desa Baru laksanakan selama ini antusias masyarakat yang ikut vaksinasi juga sangat tinggi oleh karena itu pihaknya tidak henti-hentinya menghimbau.

“Agar masyarakat desa baru termasuk Lanjut Usia (Lansia), yang hingga saat ini belum sama sekali melakukan vaksinasi dosis 1 dan 2 diharapkan untuk segera melakukan vaksinasi,” jelasnya.

Terkait vaksinasi Covid-19 bagi pelajar ditingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di desa baru lanjut Kalam Jihad, juga sudah kami laksanakan 100 persen vaksinasi Covid-19.

“Selanjutnya, untuk desa-desa yang masuk diwilayah kerja UPTD Puskesmas Baru seperti Desa Teluk Telaga, Muara Talang, Madara dan Danau Sadar sekitar 30 persen masyarakatnya belum melakukan vaksinasi,”bebernya.

BACA JUGA:   Kecelakaan Maut di Desa Bipak Kali, Dua Pengendara Motor Tewas

Lebih lanjut ditambahkannya, oleh karena itu pihaknya berharap untuk masyarakat yang belum melakukan vaksinasi dosis 1 dan 2 kiranya untuk segera melakukan vaksinasi yang dilaksanakan oleh UPTD Puskesmas Desa Baru.

Tentunya dengan sudah dilakukan vaksinasi-Covid-19 akan meningkatkan kekebalan imun tubuh serta yang tidak kalah pentingnya adalah dengan selalu mentaati prokes dan 5M salah satunya.

“Apabila melakukan aktifitas diluar rumah, kiranya selalu menggunakan masker sebab hal tersebut merupakan upaya untuk memutus mata rantau penyebaran wabah pademi Covid-19,” tandasnya.

(Ded/beritasampit.co.id)