Pemdes Bahitom Gelar Seleksi Calon Perangkat Desa

LULUS/BERITA SAMPIT - Kepala Desa Bahitom, H. Tuni bersama panitia saat memantau peserta mengikuti seleksi perangkat Desa Bahitom.

PURUK CAHU – Pemerintah Desa (Pemdes) Bahitom, Kecamatan Murung menggelar seleksi calon perangkat desa untuk mengisi posisi yang kosong saat ini, yakni Kasi Pemerintahan, Kasi Kesejahteraan, Kasi Pelayanan, Kaur Perencanaan dan Kaur Umum.

Kepala Desa (Kades) Bahitom H. Tuni mengatakan, proses pelaksanaan seleksi calon perangkat desa tersebut sesuai dengan Permendagri Nomor 67 Tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.

“Maksud dan tujuan pelaksanaan seleksi ini untuk memunculkan potensi-potensi masyarakat yang ada di desa Bahitom sesuai skil dan kemampuannya,” kata H. Tuni saat dikonfirmasi saat pembukaan seleksi perangkat desa Bahitom yang berlangsung di kantor desa setempat, Selasa 16 November 2021.

BACA JUGA:   Demi Keamanan, Rumah Bersalin di Desa Patai Dibangun Pagar Beton

Sedangkan jumlah peserta yang mengikuti seleksi tersebut sebanyak 15 orang, dengan formasi calon pelamar Kasi Pemerintahan 3 orang, calon pelamar Kasi Kesejahteraan 2 orang, calon pelamar Kasi Pelayanan 3 orang, calon pelamar Kaur Perencanaan 3 orang dan calon pelamar Kaur Umum 4 orang.

“Seleksi itu juga dari masyarakat untuk masyarakat desa setempat, karena potensi yang ada didesa tersebut saya rasa tidak kekurangan. Untuk itu, melalui Permendagri Nomor 67 Tahun 2017 sehingga akan memunculkan potensi dan sumber daya manusia perangkat desa yang memang bisa bekerja,” tambahnya lagi.

Adapun tes melalui tiga tahapan, yakni Tes Tertulis, Wawancara dan Test Komputer. Setelah peserta mengikuti tes tersebut, Lanjut H. Tuni, pihaknya akan melihat dari nilai masing- masing peserta selanjutnya akan menyerahkan hasil itu kepada pihak Kecamatan Murung.

BACA JUGA:   Tak Terima Disebut Otak Kambing dan Kubis, TKA Dilaporkan ke Lembaga Adat

“Kemungkinan besok sudah kelihatan hasilnya, setelah nilai itu direkap. saya akan konsultasi ke pihak kecamatan. Agar secepatnya bisa diproses sesuai yang diinginkan, karena saat ini Pemdes Bahitom ada 5 formasi yang kosong maka hal itu sangat berat kalau saya bekerja sendiri tanpa bantuan mereka (Kasi dan Kaur),” tuturnya lagi.

Terakhir, H. Tuni berharap, kepada perangkat desa yang terpilih nantinya bisa benar- benar menjalankan tugas dan bekerja sebaik mungkin sesuai dengan tupoksi yang sudah ditentukan. (Lulus/beritasampit.co.id).