Kaukus Perempuan Parlemen Kotim Diminta Bantu Edukasi Vaksinasi

Bupati Halikinnor (kiri) saat menghadiri pelantikan pengurus Kaukus Perempuan Parlemen Kotawaringin Timur di gedung DPRD, Rabu 24 November 2021. ANTARA/Norjani

SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Halikinnor, meminta Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) setempat membantu mengoptimalkan vaksinasi COVID-19 dengan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya vaksinasi.

“Kami meminta KPP menyosialisasikan agar masyarakat mau divaksinasi. Tidak dipungkiri masih ada sebagian warga kita yang belum mengikuti vaksinasi COVID-19, padahal itu penting untuk melindungi diri,” kata Halikinnor, Kamis 25 November 2021.

Dilansir dari Antara, berdasarkan target pemerintah, vaksinasi di seluruh daerah diharapkan sudah mencapai minimal 50 persen pada November 2021 ini. Halikinnor bersyukur karena saat ini vaksinasi COVID-19 di Kotm sudah mencapai 56,36 persen.

Pemerintah daerah dibantu sejumlah instansi juga terus mengoptimalkan vaksinasi karena pemerintah menargetkan pencapaian vaksinasi pada akhir tahun ini minimal 70 persen dan Pemkab Kotim optimistis bisa mencapai target tersebut apabila pasokan vaksin tidak mengalami hambatan.

BACA JUGA:   Kadisdik Kotim Sidak, Pastikan Proses Belajar Siswa SD dan SMP Berjalan dengan Baik

Selain ketersediaan vaksin, faktor penting lainnya adalah kesadaran masyarakat untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 untuk melindungi diri dan orang lain. Dengan terbentuknya kekebalan kelompok diharapkan mampu memutus mata rantai penularan virus mematikan tersebut.

Halikinnor mengajak seluruh masyarakat untuk tetap mewaspadai penularan COVID-19. Apalagi setelah sempat tidak ditemukan lagi penderita COVID-19, kini kasus COVID-19 kembali muncul di Kotim.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kotim pada Rabu 24 November 2021 siang terdapat satu penderita COVID-19. Tim terus melakukan pelacakan orang-orang yang kemungkinan kontak erat dengan pasien untuk mencegah penularan meluas.

Ketua KKP Kalteng, Andina Theresia Narang, juga menyampaikan hal serupa. Dia berharap Kaukus Perempuan Parlemen juga berkontribusi membantu pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19.

BACA JUGA:   Jelang Nataru, Minat Beli Emas Meningkat 10 Persen

“Kita harus mendukung pemerintah daerah dalam mengatasi pandemi ini. Kita wajib menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19,” ujar Andina.

Sementara itu Wakil Ketua KKP Kotim, Darmawati, mengatakan, pihaknya akan melakukan berbagai upaya untuk membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam mengatasi pandemi ini.

Secara khusus melalui DPRD, legislator perempuan akan memperjuangkan program-program penanganan pandemi COVID-19, termasuk upaya pemulihan ekonomi.

“Kita harus terus bersama-sama menangani pandemi COVID-19 ini. Peran itu juga harus kita mulai dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, setidaknya di lingkungan kita masing-masing,” kata Darmawati.

(Antara/BS-65)