Dinkes Sebut Capaian Vaksinasi di Kalteng Sudah 62 Persen

MEMIMPIN: IST/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, Suyuti Syamsul saat memimpin rapat koordinasi Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) di masa pandemi Covid-19

PALANGKA RAYA – Capaian vaksinasi di Kalimantan Tengah sudah mencapai 62 persen. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provins Kalimantan Tengah, dr Suyuti Syamsul saat memimpin rapat koordinasi Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) di masa pandemi Covid-19 di Hotel Bahalap, Selasa 30 November 2021.

Dalam kesempatan itu dirinya menyampaikan, saat ini P2P mempunyai tugas, dan pekerjaan yang cukup banyak, pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, dan munculnya kembali varian baru.

“Pandemi Covid-19 yang sudah kita alami sejak awal Tahun 2020 memberikan tantangan besar dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Indonesia dan Kalimantan Tengah. Pandemi telah memberikan dampak yang terlihat nyata dalam berbagai sektor secara komprehensif diantaranya sektor sosial, pariwisata, dan pendidikan,” ucapnya.

BACA JUGA:   Evaluasi Perkembangan dan Penerapan Demokrasi, Kesbangpol Kalteng Gelar FGD

Upaya intervensi juga tidak hanya dari sisi penerapan protokol kesehatan, namun juga diperlukan intervensi lain yang efektif melalui upaya pemberian vaksinasi, setelah melewati gelombang 1 dan 2 lonjakan penularan kasus di masa pandemi covid-19.

“Kondisi penularan kasus, dan keterisian rumah sakit kini sudah mulai melandai, namun kita harus terus mengejar capaian target vaksinasi Covid-19 dimana Kalimantan Tengah 70 persen pada akhir Desember 2021 yang tinggal beberapa hari lagi,” katanya lagi.

BACA JUGA:   Dispursip Kalteng Fasilitasi Seluruh Perangkat Daerah untuk Mempelajari Aplikasi Srikandi

Suyuti mengatakan saat ini capaian vaksinasi masih di angka 62 persen untuk masyarakat umum, dan rentan. “Mari kita bersama-sama meningkatkan kinerja untuk mempertahankan status PPKM di level serendah mungkin di Wilayah Kabupaten/Kota masing-masing,” pungkasnya. (Hardi/Beritasampit.co.id)