Kabag Ops Polres Kobar: Latihan Dalmas Untuk Mengasah Keterampilan Personel

MAN/BERITA SAMPIT - Latihan Pengendalian Massa di halaman Mapolres Kobar.

PANGKALAN BUN – Kepala Bagian (Kabag) Operasi Polres Kotawaringin Barat (Kobar), AKP Wihelmus Helky mengatakan, bahwa Latihan Pengendalian Massa (Dalmas) pada intinya untuk mengasah ketrampilan para personel.

“Selain itu juga, untuk menjaga kondisi fisik dan mengingatkan kembali gerakan dan teknik dalam pengendalian massa,” kata Wihelmus Helky usai memimpin latihan di halaman Mapolres, Sabtu 4 November 2021.

Adapun materi yang disampaikan seputar gerakan dan teknik dalam pengendalian massa. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerakan Dalmas serta bentuk kesiapan dalam mengatasi demonstrasi atau unjuk rasa yang membutuhkan upaya penanganan lebih lanjut.

BACA JUGA:   Diusia Ke 5 Tahun Komunitas ‘LENTERA’ Semakin Eksis Menyentuh Masyarakat

“Tujuan selanjutnya yaitu menjaga kondisi fisik personel Dalmas serta sangat penting untuk mengingat kembali materi yang telah disampaikan sebelumnya,” ujar Wihelmus Helky, mantan Kapolsek Arut Selatan Kabupaten Kobar ini.

Lanjut Wihelmus, melalui latihan rutin, diharapkan bisa mengasah kemampuan dan kemahiran personel dalam menangani unjuk rasa agar tidak berkembang dan berujung aksi anarkis.

BACA JUGA:   Geger! Seorang Warga Ditemukan Tewas Gantung Diri dengan Bau Sudah Menyengat

“Keberadaan Dalmas merupakan langkah kesiapan petugas Kepolisian untuk menghadapi demonstran yang berpotensi menimbulkan aksi anarkis. Jadi semakin sering dilatih, maka materi yang disampaikan bisa diterapkan dengan baik oleh personel guna menghindari terjadinya kesalahan prosedur di lapangan,” pungkas Wihelmus Helky. (Man/beritasampit.co.id).

(Visited 1 times, 1 visits today)