Bupati Mura Lantik Damang Tanah Siang Selatan dan Damang Seribu Riam

LULUS/BERITA SAMPIT - Bupati Mura Perdie M. Yoseph saat melantik Damang Tanah Siang Selatan dan Damang Seribu Riam.

PURUK CAHU – Bupati Murung Raya (Mura) Perdie M. Yoseph melantik dan mengambil sumpah janji jabatan dan pengukuhan Damang Kepala Adat Kecamatan Seribu Riam dan Kecamatan Tanah Siang Selatan (TSS) periode 2021-2027.

Pelantikan itu sekaligus dilanjutkan dengan rapat kerja Kedamangan se-Kabupaten Mura, yang dihadiri Sekretaris Umum DAD Mura Herianson D. Silam, Kadis PMD Asnawiyah, para Damang se-Mura serta undangan lainnya yang berlangsung di Aula DAD Kabupaten Mura, Rabu 8 Desember 2021.

Dalam kesempatan itu, Bupati Mura Perdie M. Yosep menyampaikan, tugas, peran dan fungsi dari para Tokoh dan Pemuka Adat serta Lembaga Adat dipandang mempunyai peran yang sangat penting dalam setiap penyelesaian masalah yang terkait dengan masalah-masalah sengketa Adat.

BACA JUGA:   Pasar Murah Kalteng, Patok Harga Beras 10 Kg Cukup Bayar Rp20.000

Hal ini diaplikasikan melalui penyelesaian setiap perkara yang selalu difasilitasi oleh para Tokoh atau Pemuka Adat dan Lembaga Adat untuk mencapai kata mufakat melalui musyawarah dilakukan secara kekeluargaan.

“Penting untuk kita cermati bersama, mengingat bahwa dalam penyelesaian konflik permasalahan adat yang terjadi, selain di dasari atas Hukum Adat yang berlaku yang selama ini telah dijadikan sebagai dasar pemberlakuan Hukum Adat, sikap adil, netral, arif dan bijaksana dari para tokoh atau pemuka adat,” terang Perdie.

BACA JUGA:   Sekda Kalteng Sambangi Murung Raya, Pastikan Program Pasar Murah Kebijakan Gubernur Tepat Sasaran

Yang mana, lanjutnya, merupakan dasar yang sangat penting bagi kita dalam mengambil keputusan yang dimusyawarahkan untuk dimufakati bersama.

“Ciptakanlah suasana kondusif yang dapat menjamin tetap terpeliharanya kebhinekaan adat dalam rangka persatuan dan kesatuan bangsa serta terus berupaya mengatasi segala hambatan dengan mencari solusi terbaik demi keberhasilan pelaksanaan tugas,”tuturnya.

Untuk diketahui, Damang Tanah Siang Selatan dijabat oleh Ijon Managi, sedangkan Damang Seribu Riam dijabat oleh Saharil. (Lulus/beritasampit.co.id).