Sampah Medis Masih Sering Ditemukan di Bak Sampah Perkotaan

IST/BERITA SAMPIT - Sampah medis yang ditemukan oleh salah satu warga di tempat pembuangan sampah di dekat SD6 Nanga Bulik.

NANGA BULIK – Petugas kebersihan menemukan hal mengejutkan di bak sampah perkotaan. Tampak sejumlah jarum suntik bekas dan ampul botol bekas obat tersebar di bak sampah dekat SD 6 Nanga Bulik, Kabupaten Lamandau. Hingga saat ini belum diketahui siapa pelaku yang tidak bertanggung jawab membuang benda berbahaya ini.

“Harus ditindak tegas, apalagi lokasinya di dekat sekolah yang banyak anak-anak. Ini benda berbahaya, rawan disalahgunakan oleh anak-anak,” kata Ningsih, salah satu warga di area pembuangan sampah tersebut, Jumat 17 Desember 2021.

BACA JUGA:   Pj Bupati Lamandau: Pasar Ramadan Bisa Menggerakan Perekonomian melalui UMKM 

Ia menduga jika pelakunya adalah klinik-klinik ilegal yang belum memiliki SOP cara pembuangan sampah infeksius dengan benar. Bisa klinik kesehatan ataupun klinik kecantikan/salon, karena belakangan sedang marak penggunaan suntik pemutih dan suntik kolagen.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lamandau, Sunarto membenarkan jika tim kebersihan mereka menemukan adanya sampah medis yang dibuang di bak sampah rumah tangga.

BACA JUGA:   Rayakan Kemenangan, Tim Paslon Prabowo-Gibran Kabupaten Lamandau Gelar Syukuran 

Bahkan menurut keterangan petugas kebersihan, temuan ini bukan pertama kalinya, tapi tempatnya berbeda-beda

“Limbah medis tidak boleh dibuang dalam Bak Sampah Rumah Tangga, kami harap ini bisa dipahami oleh seluruh masyarakat. Karena limbah seperti ini buruh penanganan khusus,” jelasnya. (Andre/beritasampit.co.id).