Pemkab Murung Raya Siap Sambut Tahun Kelima kerja sama UHC 2022

Kepala Dinas Kesehatan Murung Raya dr Suria Siri dan Pps Kepala BPJS Kesehatan Murung Raya Istiari Hardini menandatangani kerja sama UHC 2022 di Puruk Cahu, Senin 20 Desember 2021. ANTARA/BPJS Kesehatan Muara Teweh

PURUK CAHU – Pemerintah Kabupaten Murung Raya bersama dengan BPJS Kesehatan Muara Teweh menandatangani kerja sama penyelenggaraan jaminan kesehatan nasional bagi penduduk kabupaten setempat atau Universal Health Coverage (UHC) 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Murung Raya Suria Siri, mengatakan UHC 2022 ini merupakan tahun kelima sejak 2018 dan pemerintah daerah setempat terus mendukung terselenggaranya program Jaminan kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk memberikan jaminan kesehatan secara menyeluruh bagi masyarakat di Kabupaten Murung Raya.

“Dengan komitmen dari jajaran pemerintah daerah terutama dari Bupati Murung Raya dan dinas terkait, harapannya tidak ada lagi yang tidak punya kartu JKN-KIS sehingga semua masyarakat di Murung Raya dapat tercover,” kata Suria Siri, dikutip dari Antara, Selasa 21 Desember 2021.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Dikatakan, bahwa adanya keterbatasan anggaran dampak dari pandemi, menjadi tantangan sendiri agar UHC dapat tetap berlanjut tahun depan.

“Pemkab Murung Raya tetap terus berupaya agar semua kewajiban pembayaran dapat terpenuhi dengan penganggaran yang memadai,” kata dia.

Pejabat Pengganti Sementara (Pps) Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Murung Raya, Istiari Hardini, menyebutkan, sebanyak 63.974 peserta telah didaftarkan dalam segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) yang dibayarkan oleh pemerintah daerah. Dengan jumlah tersebut, maka total persentase apabila dijumlah dengan segmen kepesertaan lainnya, maka jumlah kepesertaan JKN-KIS di daerah ini pada tahun 2022 sebesar 100 persen.

BACA JUGA:   Pasar Murah Kalteng, Patok Harga Beras 10 Kg Cukup Bayar Rp20.000

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Murung Raya yang telah kembali mendapat predikat UHC di tahun depan dan semoga kerja sama yang terjalin selama ini semakin baik ke depannya untuk bersama memberikan layanan kesehatan berkualitas bagi masyarakat,” kata Isti.

(Antara/BS65_beritasampit.co.id)