Ini Imbauan Polda Kalteng Terkait Penipuan Melalui Telepon

IST/BERITA SAMPIT - Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol. K. Eko Saputro

PALANGKA RAYA – Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) meminta masyarakat untuk mewaspadai penipuan melalui telepon dengan modus anak kecelakaan.

Imbauan ini, diungkapkan Kapolda Kalteng Irjen Pol. Nanang Avianto, melalui Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol. K. Eko Saputro, terkait laporan masyarakat perihal upaya penipuan yang dialami oleh empat warga di Kota Palangka Raya, Rabu 12 Januari 2022.

Modus penipuan tersebut mengatasnamakan pihak sekolah dengan memberikan keterangan bahwa anak korban yang berstatus siswa sekolah tersebut mengalami kecelakaan akibat terjatuh dari tangga atau kamar mandi sekolah dan mengalami pendarahan di otak belakang, sehingga perlu penanganan serius di Rumah Sakit.

BACA JUGA:   Usai Melantik, Sekda Kalteng Berpesan Tingkatkan Pelayanan Publik

“Dengan dalih tersebut, kemudian pelaku meminta keluarga korban untuk secepatnya mengirimkan sejumlah uang melalui transfer ATM guna menebus biaya alat agar anak segera bisa cepat ditangani,” ucapnya.

Menurutnya, para penipu tersebut memanfaatkan kesedihan serta kepanikan dengan mengendali psikologi keluarga korban untuk mempermudah aksinya. Pelaku penipuan dalam melancarkan aksinya juga cenderung memberikan keterangan yang berbelit-belit disertai desakan-desakan.

BACA JUGA:   Gerindra Usulkan Menteri dari Kalimantan Tengah

Lakukan kroscek terlebih dahulu, karena setiap adanya informasi terkait modus penipuan yang mengatasnamakan keluarga. Bila ragu bisa langsung datang ke Kantor Polisi terdekat untuk menanyakan terkait informasi tersebut.

“Terkait hal tersebut, Saya mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan jangan mudah percaya. Apalagi jika mendapatkan telepon dari nomor yang tidak dikenal,” pungkasnya.

(Hardi/beritasampit.co.id)