Camat Kota Besi Sampaikan Produk Unggulan Desa, Ada Durian Otak Udang

UNGGULAN DESA : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Camat Kota Besi (di podium) menyampaikan berbagai produk unggulan desa pada saat Musrenbang RKPD Kotim di Kecamatan Kota Besi untuk tahun 2023.

SAMPIT – Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), terdapat 9 desa dan 2 kelurahan. Terutama untuk desa, ternyata ada beberapa produk unggulan yang saat ini dan masih banyak belum diketahui oleh masyarakat kecamatan setempat.

Camat Kota Besi Gusti Mukafi mengatakan, ada banyak produk unggulan desa di Kecamatan Kota Besi yang sudah berjalan dan hingga kini masih terus dikembangkan.

“Hampir seluruh desa di Kecamatan Kota Besi memiliki produk unggulan. Sampai saat ini, kami terus berupaya untuk mengembangkan produk desa tersebut,” katanya pada saat memberikan laporan di Musrenbang RKPD Kotim untuk tahun 2023 di aula kecamatan setempat, Senin 17 Januari 2022.

BACA JUGA:   Aksi Hipnotis Menimpa Seorang Emak-Emak di Sampit

Mukafi menyebutkan, Desa Kandan dikenal dengan produk buah naga warna hijau, Desa Hanjalipan dikenal dengan udang galah, Desa Camba BUMDes berpenghasilan Rp 15 juta per tahun, Desa Simpur mengembangkan di bidang peternakan, Desa Pamalian kebun durian otak udang.

Selain itu, lanjutnya, Desa Rasau Tumbuh mempunyai keunggulan di bidang perikanan dan pertanian, Desa Bajarum sektor pertanian padi dalam setahun 3 kali panen, Desa Palangan pelestarian adat istiadat dan cagar budaya.

BACA JUGA:   Anak 10 Tahun dan Kedua Orang Tuanya Nyaris Terbakar

Mukafi mengharapkan, produk-produk unggulan desa itu hendaknya terus dikembangkan dan dipertahankan karena hal tersebut merupakan salah satu inovasi desa.

“Inovasi desa ini kami harapkan terus dikembangkan dan pertahankan karena tiap desa memiliki keunggulan masing-masing,” tandasnya. (ifin/beritasampit.co.id).