Alat Berat di UPT DPUPR Barsel Perlu Peremajaan

DEDDY/BERITA SAMPIT - Kepala UPT DPUPR Barsel, Raga Jadi. 

BUNTOK – Keberadaan alat-alat berat yang sudah dimakan usia, di Workshop Unit Pelaksanan Teknis (UPT) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) perlu segera dilakukan peremajaan.

Pasalnya alat-alat berat tersebut seperti ecavator, bulldozer, grader, vibro dan lonbet sudah tidak layak lagi untuk dipergunakan sebagaimana mestinya karena sudah dimakan usia dan karenanya perlu diganti.

Kepala DPUPR Barsel Ita Minarni, ST,MT melalui Kepala UPT DPUPR Barsel Raga Jadi kepada beritasampit.co.id, Kamis 20 Februari 2022 mengatakan, di tahun 2022 hingga 2021 pihaknya juga pernah mengusulkan ke DPRD setempat untuk peremajaan alat-lat berat ini dan pengadaan alat baru.

“Namun hingga saat ini, usulan tersebut tidak pernah terealisasi, di lain sisi kita dituntut adanya pemasukan untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) mau tidak mau tetap kita pergunakan alat-alat berat ini walupun dengan kondisi yang tidak layak pakai lagi,” katanya.

BACA JUGA:   DLH Barsel: Pengelolaan Sampah Sistem Sanitary Landfill Terkendala Tanah Penutup

Dikatakan, bahwa pihaknya juga memahami bahwa perbaikan alat-alat berat yang sudah tidak layak untuk dipergunakan ini mempergunakan dana yang tidak sedikit dan pihaknya tidak bisa memprediksi apabila sudah diperbaiki akan optimal 100 persen dalam penggunaannya.

“Maka hal ini, sangatlah tidak mungkin karena kesemua alat-alat berat ini sudah dimakan usia yang rata-rata berusia puluhan tahun,” ujar Raga.

Dia menerangkan, satu unit alat berat saat di pergunakan tiba-tiba terjadi kerusakan maka diperlukan perbaikan. Dana perbaikan alat berat ini tidak ada yang murah apabila kembali mempergunakan alat-alat berat ini.

“Misalkan dalam satu pekerjaan, target harus selesai dalam satu minggu dikarenakan alat-alat berta ini sudah tua, maka sangatlah tidak mungkin untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dalam satu minggu paling tidak dua minggu baru selesai itupun bila tidak ada kerusakan,” jelasnya.

BACA JUGA:   Bupati Barsel Serahkan SK CPNS Formasi Tahun 2021

Oleh sebab itu, lanjutnya, pihaknya kalah bersaing dengan pihak swasta sebab mereka sudah tidak lagi mempergunakan lagi alat-alat berat seperti yang dimiliki DPUPR yang sudah rapuh dimakan usia.

DEDDY/BERITA SAMPIT – kondisi alat-alat berat yang berusia puluhan tahun di Workshop UPT. DPUPR Barsel

“Apabila kita menginginkan pemasukan untuk PAD, seperti yang diinginkan oleh pemerintah daerah terutama keinginan dari pihak DPRD setempat maka harus ada pengadaan alat-alat berat yang baru,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pihaknya tetap berharap usulan terkait pengadaan alat-alat berat baru ini agar dapat dikabulkan.

“Mengingat pentingnya, pengadaan alat-alat berat yang baru tidak lain demi mendongkrak PAD untuk pembangunan daerah yang kita citai bersama ini,” pungkas Raga Jadi.

(Ded/beritasampit.co.id)