ICDN Dibangun dengan Semangat Memajukan SDM Suku dan Bangsa Dayak

HARDI/BERITA SAMPIT - Ketua Umum DPN ICDN Willy Midel Yoseph.

PALANGKA RAYA – Ikatan Cendikiawan Dayak Nasional (ICDN) sudah memasuki tahun ke-3, sehingga ICDN melantik kepengurusan di seluruh kabupaten dan kota se-Kalteng. Kegiatan dipusatkan di Ballroom Golden Christian School lantai 5, Sabtu 22 Januari 2022.

Saat diwawancara, Willy Midel Yoseph yang merupakan Ketua Umum Dewan Perwakilan Nasional (DPN) ICDN menyampaikan, ICDN didirikan pada 3 tahun silam, tepatnya Sabtu 19 Januari 2019 di Palangka Raya.

ICDN merupakan wadah berkumpul kaum cerdik cendekiawan Dayak yang dibangun dengan semangat kebersamaan untuk tujuan memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) Suku dan Bangsa Dayak dan kemajuan daerah Kalimantan dalam bingkai NKRI.

“Sehingga kami bertekad, yaitu Dayak Bangkit, Dayak Ngaju, dan Dayak itu Indonesia. Tentunya diusia yang ke-3 ini kami sudah berada di seluruh Kabupaten Kota se-Kalimantan dan DKI Jakarta. Saat ini kami sedang mempersiapkan, konsolidasi, dan nanti malam kami akan membincangkan rencana kerja kami pada tahun 2022 sampai 2024,” jelas

BACA JUGA:   Puncak Arus Balik Lebaran 6-8 Mei, Polda Kalteng Imbau Pemudik Tetap Hati-hati

Willy menjelaskan, pada tahun 2024 Ibu Kota Negara sudah pindah ke Kalimantan sehingga itu merupakan puncak yang harus dipersiapkan dalam rangka untuk mengisi jabatan penting strategis di Ibu Kota tersebut.

“Sehingga kami mempersiapkan sumber daya manusia atau kader-kader kami, untuk mengisi jabatan strategis tersebut pada tahun 2024, untuk mengisi jabatan legislatif dan eksekutif tingkat Kabupaten, Kota, Provinsi dan Nasional,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Anggota DPD Gali Informasi dan Perkembangan Kalteng dari Wartawan

Perlu diketahui, ICDN memiliki misi memperkuat NKRI melalui peran serta Cendekiawan Dayak Se-Kalimantan yang mampu berpikir logis, rasional dan sistematis, menjadikan Ikatan Cendekiawan Dayak Nasional sebagai subyek aktif dalam proses pembangunan yang merata di seluruh wilayah Kalimantan, memajukan pendidikan dan kebudayaan Dayak agar menjadi sumbangsih positif dalam pendidikan dan kebudayaan Dayak pada tingkat nasional dan dunia.

Selain itu, mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan dan berkeadilan melalui peningkatan sumber daya manusia Dayak yang kreatif dan inovatif, memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Dayak yang merata dan menjadikan putra putri Dayak untuk memimpin pada tingkat daerah, Nasional dan Internasional. (Hardi/beritasampit.co.id).