Ketua DPR RI Minta Pemerintah Gencar Gelar Vaksinasi

Ketua DPR RI Puan Maharani. (ANTARA/HO-DPR RI.)

JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah semakin menggalakkan program vaksinasi COVID-19 setelah kasus dua pasien positif varian Omicron yang meninggal dunia.

“Kami menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya pasien COVID-19 varian Omicron. Keprihatinan ini harus membuat kita bekerja lebih ekstra dalam penanganan pandemi,” kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Senin 24 Januari 2022.

Dia mengingat pentingnya capaian vaksinasi di seluruh daerah karena berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), salah satu pasien Omicron yang meninggal dunia belum mendapat vaksin COVID-19.

BACA JUGA:   Sebelum Didukung Partai Lain, Ganjar Harus Hadapi Puan Dulu

Menurut dia, percepatan vaksinasi COVID-19 mutlak harus dilakukan khususnya di wilayah yang capaian vaksinasi masih kurang.

“Pemerintah daerah harus semakin menggencarkan pelaksanaan vaksinasi di wilayahnya masing-masing. Misalnya vaksinasi primer, maupun booster harus betul-betul dikebut,” ujarnya.

Puan mengingatkan Omicron memiliki daya tular yang sangat tinggi sehingga peningkatan angka penularan terjadi dengan sangat cepat. Karena itu dia mengimbau agar masyarakat yang belum divaksin untuk segera mengikuti program vaksinasi COVID-19.

BACA JUGA:   Legislasi Harus Lebih banyak Libatkan Publik

“Tidak perlu takut untuk divaksin karena sudah terbukti keamanannya. Perlindungan diri dengan vaksinasi sangat penting karena artinya kita juga ikut menjaga keluarga maupun orang-orang terdekat,” katanya.

Dia mengatakan vaksin memang tidak sepenuhnya menghentikan penularan COVID-19 namun vaksinasi dapat mengurangi risiko dari bahaya paparan COVID-19 termasuk kematian. (Antara/beritasampit.co.id).