Palangka Raya Zona Hijau Covid-19, Tidak Ada Kasus Positif

Data jumlah pasien COVID-19 di Kota Palangka Raya. ANTARA/HO-Satgas Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah berhasil “zero” atau tidak ada lagi warga setempat yang berstatus pasien atau masih positif terjangkit COVID-19.

“Saat ini Kota Palangka Raya masuk zona hijau terkait penyebaran COVID-19. Mudah-mudahan, hari-hari selanjutnya hijau terus,” kata Kepala BPBD Kota Palangka Raya Emi Abriyani melalui pernyataan yang disampaikan Kepala Sub Bidang Kesiapsiagaan Balap di Palangka Raya, Senin 24 Januari 2022 malam.

Pria yang juga anggota Satgas Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya itu meminta masyarakat di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat, sehingga status zona hijau dan bebas pasien COVID-19 di “Kota Cantik” dapat dipertahankan.

BACA JUGA:   Palangka Raya Bebas Dari Zona Merah COVID-19

Sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui tim gugus tugas terus melakukan berbagai upaya mulai dari sosialisasi, deteksi dini, pengamanan hingga penanganan kasus.

Selain itu, pemerintah bersama pihak terkait juga terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi baik dosis pertama, kedua maupun vaksin dosis ketiga atau booster.

Berdasar data Satgas COVID-19 Kota Palangka Raya yang disampaikan pada 24 Januari 2022 malam, sebanyak 30 kelurahan di wilayah setempat telah masuk zona hijau. Padahal, sebelumnya masih ada satu kelurahan yang masuk kategori zona kuning.

BACA JUGA:   Stok Gas Elpiji di Palangka Raya Dipastikan Aman Selama Ramadhan-Idul Fitri

Zona hijau untuk seluruh kelurahan ini ditetapkan seiring dinyatakan sembuh satu pasien terakhir yang terjangkit COVID-19.

Data terakhir dari Satgas Penanganan COVID-19 setempat juga mencatat, tingkat kesembuhan pasien positif COVID-19 di daerah setempat mencapai 96,04 persen.

Jumlah warga yang sembuh itu berada di angka 12.612 orang dari total 13.132 warga Palangka Raya yang positif COVID-19. Dari seluruh kasus positif, juga tercatat 520 orang meninggal dunia.

Sementara itu, sampai saat ini warga Palangka Raya yang dinyatakan positif terjangkit COVID-19 tidak ada lagi atau menempati angka 0 persen dari total pasien positif. (Antara/beritasampit.co.id).