BPJS Kesehatan bersama RSUD Kuala Pembuang Perkuat Sinergi Tingkatkan Kepuasan Peserta JKN

IST/BERITASAMPIT - RSUD Kuala Pembuang saat melakukan pertemuan dengan jajaran BPJS Kesehatan.

SERUYAN –  BPJS Kesehatan bersama dengan RSUD Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan terus menguatkan sinerginya dan berkomitmen meningkatkan kepuasan layanan peserta program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Hal tersebut menjadi fokus kegiatan pertemuan antara BPJS Kesehatan dan RSUD Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan, Kamis 27 Januari 2022.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Seruyan, Rusmalita menyampaikan bahwa kolaborasi layanan masih menjadi fokus utama pada tahun 2022. Hal tersebut dilakukan agar kepuasan peserta dan rumah sakit mitra BPJS Kesehatan terus meningkat sehingga pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit merupakan layanan terbaik dan akan berdampak meningkatkan kepuasan peserta program JKN-KIS dan mitra fasilitas kesehatan.

Ia juga mengimbau kepada pihak RSUD Kuala Pembuang untuk mengajukan klaim layanan kesehatan secara rutin dan teratur setiap bulannya maksimal tanggal 10 kepada BPJS Kesehatan Kabupaten Seruyan, tentunya  dengan tetap memperhatikan maturitas pengajuan klaim sebesar 95 persen dari total SEP terbit di bulan sebelumnya, sehingga pembayaran klaim rumah sakit juga bisa segera dilakukan tepat waktu.

BACA JUGA:   Pemkab Seruyan Gelar Safari Ramadan di Kecamatan Danau Sembuluh

“Klaim rumah sakit dengan status pending dan dispute pada tahun 2021 juga agar segera dilakukan pengajuan dengan tanggal yang sama dengan pengajuan klaim reguler, sehingga absensi klaim pending minimal N-2 dengan tetap memperhatikan kadaluwarsa klaim maksimal 6 bulan setelah pelayanan diberikan serta diusahakan agar setiap bulannya dapat mengajukan minimal 2 bulan layanan untuk klaim pending dan dispute. Dengan demikian pembayaran klaim dari rumah sakit RSUD Kuala Pembuang dapat segera dibayarkan,” ucap Rusmalita.

Sementara itu, untuk terus meningkatkan kecepatan layanan kepada peserta Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan juga mengharapkan agar implementasi layanan antrean online dapat segera direalisasikan agar memberikan kemudahan dan kecepatan bagi peserta program JKN-KIS dan masyarakat.

BACA JUGA:   BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Pihak Kecamatan Sosialisasikan Manfaat Jaminan Sosial

Pada kesempatan tersebut, Direktur RSUD Kuala Pembuang dr. Solihin sangat mengapresiasi  dengan kegiatan yang dilaksankaan dan juga pihaknya akan terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada para peserta program JKN-KIS BPJS Kesehatan.

“Kita akan terus berupaya memunihi komitmen yang telah disepakati untuk meningkatkan kualitas dan mutu layanan, percepatan pengajuan klaim rumah sakit dan juga kami akan berupaya untuk memenuhi sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk implementasi antrean online, diharapkan dengan komitmen kita bersama-sama dengan BPJS Kesehatan dapat meningkatkan kepuasan peserta program JKN-KIS BPJS Kesehatan dan juga kami sebagai mitra BPJS Kesehatan dapat memberikan layanan yang semaksimal mungkin kepada peserta program JKN-KIS dan masyarakat.

(im/beritasampit.co.id).