Forum Pemuda Kalteng Sebut Putra Dayak “Teras Narang” Layak jadi Kepala Otorita IKN

IST/BERITA SAMPIT - Agustin Teras Narang

PALANGKA RAYA – Presiden Joko Widodo telah membentuk tim kecil untuk menentukan figur Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur (Kaltim). Tim kecil itu akan memberikan pertimbangan terkait sosok yang pantas memimpin di IKN baru nanti.

Dari beberapa informasi yang diberitakan oleh beberapa media nasional, muncul nama-nama para tokoh yang akan memimpin Ibukota Negara tersebut, diantaranya,  Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Menanggapi hal tersebut, para pemuda Dayak yang tergabung dalam Forum Pemuda Kalimantan Tengah (Forpeka) menyebut, sejumlah putra-putri asli Dayak yang sudah sangat mumpuni hendaknya ditunjuk sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara di Kalimantan.

Founder Forpeka, Novia Adventy Juran menyebutkan, bahwa salah seorang putra asli Dayak yang sudah membuktikan dirinya sebagai salah seorang putra terbaik Indonesia dari Dayak adalah Agustin Teras Narang.

Dikatakan dirinya bahwa, mengapa Putra-Putri Asli Dayak tidak ditanyakan siapa yang layak sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara?

“Kami, selaku Founder Forperka, dan putri Dayak, mendukung penuh Bapak Agustin Teras Narang sebagai Kepala Otorita IKN. Sebab, Pak Agustin Teras Narang adalah salah seorang Putra terbaik Dayak, yang mumpuni,” terang  Novia Adventy Juran, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 29 Januari 2022.

BACA JUGA:   Agus Siswadi Apresiasi Peran Media Massa Sampaikan Informasi kepada Masyarakat Kalteng

Lebih lanjut Novia mengatakan bahwa, dalam pusaran mengurusi IKN saja, keterlibatan Putra-Putri asli Dayak sepertinya sangat minim. Sebab ada sejumlah nama-nama yang dimunculkan untuk memimpin Ibu Kota Baru, yakni Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara, dan tak seorang pun dari Putra-Putri Dayak.

“Apakah tidak ada Putra-Putri Dayak yang mumpuni? Banyak. Salah satunya Bapak Agustin Teras Narang. Beliau adalah Gubernur Kalimantan Tengah dua periode yang sukses memimpin Kalimantan. Beliau memiliki kapasitas dan kapabilitas, serta pengalaman yang mumpuni,” tuturnya.

Boleh dicek, lanjut Novia, sepak terjang dan juga kemampuan serta kapabilitas Agustin Teras Narang. Sungguh jauh di atas nama-nama yang dimunculkan, seperti Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mantan Gubernur DKI Jakarta beberapa bulan.

Juga, katanya lagi, belum sebanding dengan sepak terjang Tri Rismaharini alias Risma, yakni mantan Wali Kota Surabaya, yang kini didapuk sebagai Menteri Sosial (Mensos).

BACA JUGA:   DPMPTSP Melaksanakan Program Rutin Ramadan Berbagi

Bahkan mama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK) disebut-sebut masuk kandidat yang akan ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara Nusantara.

Nama Ridwan Kamil mencuat usai Presiden Jokowi menyatakan bocoran salah satu kriteria Kepala Otorita IKN adalah sosok berpengalaman yang punya latar belakang Arsitek.

“Jadi, bukan Ahok, bukan Risma ataupun Ridwan Kamil,  Pemuda Pemudi Dayak berharap agar bapak Agustin Teras Narang yang menjadi Kepala Otorita Ibukota Negara baru yang ada Kaltim,” ungkap Novia Adventy Juran.

Melihat profil Agustin Teras Narang, dia adalah anggota Komisi II DPR RI Periode 1999-2004. Kemudian, juga pernah menjadi Ketua Komisi III DPR.

Agustin Teras Narang kemudian terpilih sebagai Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah periode 2010-2015. Pria bergelar Doktor ini dikenal sebagai politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang mumpuni.

Dan kini, Agustin Teras Narang adalah anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) atau senator dari Kalimantan Tengah.

(M.Slh/beritasampit.co.id)