Kemenkumham Kalteng Izinkan Pegawai Miliki Komorbid Bekerja dari Rumah

Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah Ilham Djaya (depan) mengikuti   'telemedicine, kumham menyapa' di Palangka Raya, Jumat 11 Februari 2022. (ANTARA/Kanwil Kemenkumham Kalteng)

PALANGKA RAYA – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Kalimantan Tengah (Kalteng) Ilham Djaya menyatakan, pihaknya memberikan izin bagi pegawai yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta bekerja dari rumah.

“Jalankan arahan yang telah disampaikan oleh Sekjen saat ‘telemedicine, kumham menyapa’. Kemudian bagi pegawai yang memiliki komorbid agar bekerja dari rumah saja,” kata Ilham di Palangka Raya, Jumat 11 Februari 2022.

Kondisi itu, lanjut dia, didasarkan karena terus meningkatnya kasus penyebaran COVID-19 di seluruh wilayah Indonesia pada umumnya dan Provinsi Kalimantan Tengah khususnya.

Untuk itu, Ilham mengingatkan seluruh jajaran pegawai di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalteng selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas. Selain itu juga memastikan anggota keluarga masing-masing juga melakukan hal yang sama agar upaya menekan penyebaran COVID-19 dapat maksimal.

BACA JUGA:   Nuryakin Membuka Pasar Murah di Barito Timur

“Apabila terdapat pegawai yang terkonfirmasi positif COVID-19 segera laporkan kepada pimpinan. Ini agar segera dapat dilakukan tindakan dan pencegahan penyebaran virus terhadap pegawai yang lainnya,” kata Ilham.

Pernyataan itu diungkapkan dia terkait pelaksanaan program “Telemedichine, Kumham Menyapa” secara virtual yang dipimpin oleh Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Andap Budhi Revianto.

Pada kegiatan itu juga dilaksanakan konsultasi kesehatan seputar gejala serta keluhan klinis COVID-19, mekanisme dan tata cara isolasi mandiri, serta farmakologis dan cara pemantauan dan pendampingan pasien.

Pada kesempatan itu Andap meminta ajaran pegawai Kemenkumham di seluruh Indonesia menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Terlebih di tengah semakin meningkatnya kasus COVID-19 di berbagai daerah.

BACA JUGA:   Berdiri Tahun 1961 dengan Modal Dasar Rp10 Juta, Bank Kalteng Sekarang Berhasil Menumbuhkan Aset Sampai Rp15,19 Triliun (Bagian 01)

“Saya juga mengajak para pegawai selalu menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga, makan-makanan yang bergizi, mengkonsumsi suplemen, serta selalu berdoa kepada tuhan,” katanya.

Sekjen turut meminta seluruh jajaran untuk tetap produktif dan semangat dalam bekerja. Meski masih dalam kondisi pandemi dan sistem kerja WFH dan WFO, tapi capaian kinerja harus tetap tercapai.

“Hal ini tentunya dengan tetap mengikuti arahan dan anjuran dari otoritas kesehatan. Jangan jadikan perubahan kondisi kerja alasan tidak produktif. Kita harus selalu menyesuaikan ritme kerja dengan keadaan yang ada,” katanya.

(Antara/BS65)