KPU Kotim Sebut Peluncuran Hari Pemilu Serentak Langkah Sosialisasi Kepada Masyarakat

IM/BERITASAMPIT - Ketua Komisi Pemilihan Umum, Siti Fathonah Purnaningsih (kanan) serta Wakil Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur, Irawati saat mengikuti virtual zoom peluncuran Pemilihan Umum serentak tahun 2024 yang di selenggarakan oleh KPU RI.

SAMPIT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, mengikuti kegiatan Nonton Bareng peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilihan Umum (Pemilu) di Kantor Dinas Kominfo setempat.

Ketua KPU Kotim Siti Fathonah Purnaningsih mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan instruksi KPU RI untuk mengikuti kegiatan Nonton bareng peluncuran hari pemungutan suara untuk Pemilu serentak tahun 2024, dengan mengundang forkopinda dan partai politik.

“KPU RI telah menetapkan melalui SK KPU RI, nomor 21 Tahun 2022, Hari Pemungutan Suara Pada Pemilihan Umum Serentak, Hari Rabu Tanggal 14 Februari tahun 2024, katanya.

Pelaksanaan peluncuran ini, menurut dia, untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa tepat hari ini merupakan 24 bulan sebelum hari pemungutan suara dan juga menginformasikan kepada masyarakat untuk sama-sama mensukseskan Pemilu serentak tahun 2024.

BACA JUGA:   Galian C Diduga Ilegal di Kawasan Perkebunan Kelapa Sawit Cempaga Harus Ditertibkan

Dalam Pemilu itu nanti hampir sama seperti sebelumnya, yakni akan dilaksanakan lima pemilihan. Terdiri dari Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Sedangkan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau pemilihan bupati dna wakil Bupati serentak juga akan dilaksanakan tahun 2024, yakni pada 27 November.

“Jadi kalau sesuai dengan undang-undang, tahapan itu nanti akan dilaksanakan 20 Bulan Sebelum Hari Pemungutan Suara, kaluankita hitung mundir tepatnya pada tanggal 14 Juni 2022 sudah mulai dilaksanakan tahapan. Tetapi lebih jelasnya lagi, nanti akan ada tahapan PKPU untuk tahapan program dan jadwal ditetapkan, baru kami akan mensosialisasikan kepada partai politik maupun kepada masyarakat umum mengenai Pemilu 2024,” bebernya.

BACA JUGA:   Diduga Mengantuk, Supir Minibus Hantam Median Jalan

“Untuk saat ini tahapan yang sedang berlangsung adalah pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan atau DPB,” kata Ketua KPU.

Dalam kegiatan rapat virtual zoom peluncuran Pemilu serentak tahun 2024 itu turut serta dihadiri oleh Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Irawati, Bawaslu dan perwakilan partai politik serta Forkopinda setempat.

(im/beritasampit.co.id)