Dislutkan Kalteng Lakukan Pemetaan Potensi Ekspor Produk Kelautan dan Perikanan

IST/BERITA SAMPIT - Rakor Pemetaan Potensi Ekspor Produk Kelautan dan Perikanan Kalteng yang dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota Palangka Raya siap mendukung kegiatan ekspor dan akan melakukan pemetaan potensi dengan memonitor semua UMKM yang ada di wilayah setempat.

“Kami dari Pemerintah Kota akan melakukan koordinasi dengan Walikota untuk memonitor UMKM-UMKM yang ada di Palangka Raya,” ucap Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriati Ritadewi, Selasa 1 Maret 2022.

Hal itu disampaikan saat mengukti Rapat Koordinasi (Rakor) Pemetaan Potensi Ekspor Produk Kelautan dan Perikanan yang dilaksanakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kalimantan Tengah (Kalteng).

Rakor yang merupakan tindak lanjut Launching Ekspor yang dilaksanakan pada Jumat 18 Februari 2022 lalu itu dipimpin Kepala Bidang Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran Husnudin mewakili Kepala Dislutkan Provinsi Kalteng Darliansjah, yang dilakukan secara virtual melalui zoom meeting di Aula Dislutkan Provinsi Kalteng.

BACA JUGA:   Dishut Kalteng Rumuskan Langkah Kewajiban Rehabilitasi DAS bagi Pemegang IPPKH dan PPKH

Sementara Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Palangka Raya Miharjo menyampaikan, bahwa dirinya sangat bersemangat mendukung kegiatan ekspor tersebut.

“Kami akan mendukung dan mengawal terus kegiatan ekspor produk kelautan, dan perikanan Kalteng agar produk yang diekspor terjamin mutunya dan bernilai tinggi,” kataya.

Di kesempatan lain, Kepala Bea dan Cukai Palangka Raya Togap Sihite juga menyampaikan, bahwa pihaknya akan membantu dan mendukung kelancaran dalam ekspor tersebut. Menurut dia, Bea dan Cukai Palangka Raya selalu berkomitmen mendukung kelancaran ekspor dalam penerbitan surat Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB).

BACA JUGA:   Kepala Dinas Perkebunan Kalteng Dilantik, Sekda: Tunjukan Kemampuan

Di tempat terpisah, Kadislutkan Provinsi Kalteng, Darliansjah berharap melalui rakor tersebut kegiatan ekspor hasil kelautan dan perikanan dapat berkelanjutan terus menerus dan dapat mendorong pelaku usaha ekspor di Kalimantan Tengah untuk mengembangkan usahanya ke pasar Internasional, sebagai salah satu strategi dalam peningkatan perekonomian daerah. (Hardi/beritasampit.co.id)