Pemkab Barsel Akan Kembangkan 13 Destinasi Wisata

DEDDY/BERITA SAMPIT : Kadisporabid Barsel Dr. Manat Simanjuntak.

BUNTOK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel) melalui Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporabud) setempat, bakal mengembangkan sebanyak 13 destinasi wisata yang ada di daerah tersebut.

Ketiga belas destinasi wisata tersebut diantaranya adalah wisata alam, wisata buatan serta wisata budaya yang tersebar diselurh wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Barsel.

Kepala Dinas (Kadis) Porabud Barsel Manat Simanjuntak kepada beritasampit.co.id, Jumat 4 Maret 2022 mengatakan, di Kabupaten Barsel nantinya ada 13 destinasi wisata yang dapat dikembangkan apalagi ada permintaan festival wara di Desa Mabuan Kecamatan Dusun Selatan (Dusel).

Dikatakannya, pihaknya akan mengupayakan berlaku adil terhadap seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Barsel yakni dengan melakukan pengembangan destinasi wisata.

“Perimbangan destinasi disemua kecamatan tersebut, diharapkan juga bersinergi dan menjadi tanda bahwa kita adil terhadap seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Barsel ini,” ucapnya.

BACA JUGA:   Kecelakaan Maut di Desa Bipak Kali, Dua Pengendara Motor Tewas

Menurut dia, dengan mengembangkan sektor pariwisata tentunya pula diharpkan dapat memajukan perekonomian masyarakat dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta dapat memunculkan pengusaha baru di bidang pariwisata.

“Kedepannya juga, masing-masing desa kita harapkan dapat menonjolkan destinasi pariwisatanya sehingga kemajuan ekonomi kerakyatan semakin nyata adanya,”Jelasnya.

Adapun 13 destinasi wisata yang akan kita kembangkan tersebut lanjut Manat Simanjuntak, kawasan ekosistem air hitam di Desa Teluk Timbau, air terjun senangu  di Desa Bintang Ara, tugu gerakan mandau telawang pancasila sakti dan danau bundar di Desa Bundar.

Selanjutnya danau sanggu, danau sababilah kampung dan danau malawen di Desa Sanggu, kampung terapung bambaler di Desa Baru, danau sadar di Desa Danau Sadar dan danau ganting di Desa Danau Ganting.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

“Gua liang lempang di Desa Palurejo, gua liang santangan di Desa Sei Paken dan Kawasan adat suku bawo di Desa Bintang Ara, kawasan kerbau rawa di Desa tampulang serta danau bahalang (barito mati) di Kelurahan Bangkuang,” bebernya.

Lebih lanjut ditambahkannya, tentunya kita berharap semoga saja destinasi wisata yang ada di kabupaten yang bertajuk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini semakin maju lagi kedepannya.

“Bahkan para wisatawan luar maupun lokal, semakin ramai datang berkunjung kedaerah yang kita cintai bersama ini,” tukas Manat Simanjuntak. (Ded/beritasampit.co.id)