Calon Perangkat Desa Bajarum 70 Orang, Terpilih Cuma 4 Orang, Begini Tanggapan Camat Kota Besi

ARAHAN : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Cat Kota Besi Gusti Mukafi saat memberikan arahan usai pengambilan sumpah janji dan pelantikan perangkat Desa Bajarum di balai pertemuan desa setempat.

SAMPIT – Meskipun pengambilan sumpah janji dan sekaligus pelantikan perangkat Desa Bajarum yang baru sudah dilaksanakan. Namun, Camat Kota Besi Gusti Mukafi memberikan apresiasi setinggi-tingginya.

“Saya selaku camat sangat mengapresiasi seleksi calon perangkat desa yang baru yang diadakan oleh pemerintah desa pada tahun ini,” ucapnya pada saat memberikan sambutan usai pengambilan sumpah janji di balai pertemuan Desa Bajarum, Senin 7 Maret 2022.

Bentuk apresiasi yang diberikan itu, menurutnya, seleksinya sangat ketat, calon yang mendaftar jumlahnya 70 orang tidak hanya warga desa setempat bahkan diikuti calon dari luar desa.

BACA JUGA:   Disdik Kotim Terima Penghargaan dari Balai Bahasa Kalteng Dalam Revitalisasi Bahasa Daerah

“Kalau saya nilai ini luar biasa, calon yang mendaftar ada 70 orang dan yang lolos seleksi hanya 4 orang. Ini bukti bahwa seleksi perangkat desa tahun ini sangat ketat,” tegas Mukafi.

Dia menjelaskan, jumlah awal yang mendaftar ada 70 orang kemudian seleksi menjadi 21 orang, setelah dilakukan tes sisanya 19 orang. “Hasilnya, hanya 4 orang yang lolos,” ujar mantan Plt Camat Baamang ini.

Ada beberapa tes seleksi yang diadakan panitia, mulai dari seleksi berkas, tes tertulis, tes wawancara, bahkan tes mengunakan komputer. Sebab, lanjut Mukafi, perangkat desa zaman sekarang diwajibkan bisa mengoperasionalkan komputer.

BACA JUGA:   Suprianti Rambat Beri Kode Siap Berpasangan dengan Rudini Darwan Ali di Pilkada Kotim

Kepala Desa Bajarum Hadriansyah menyebutkan, adapun 4 perangkat desa yang dinyatakan lolos seleksi dan sudah diambil sumpah janji diantaranya, Frans Bentar menjabat Sekretaris Desa, Dhea Ramadhaniati menjabat Kepala Seksi Pemerintah Desa, Andri Nugroho menjabat Kepala Urusan Umum Perencanaan dan Pengelolaan Aset Desa dan Agus Suhendra menjabat Kepala Seksi Kesejahteraan dan Pelayanan.

“Saya harapkan, kepada perangkat desa yang baru dilantik hendaknya bekerja lebih maksimal dan mendampingi kepala desa agar desa ini lebih maju dan mampu bersaing dengan desa lainnya,” saran Hadriansyah.
(ifin/beritasampit.co.id).