Ini Rute Jalan Saat Ustaz Abdul Somad Tausiah di Masjid Al-Muhajirin Desa Hampalit

IST/BERITA SAMPIT - Rute jalan untuk para jamaah menuju Masjid Al-Muhajirin Desa Hampalit, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan.

KASONGAN – Jelang kedatangan Ustaz Abdul Somad (UAS) ke Masjid Al-Muhajin, Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan sudah sangat ditunggu-tunggu masyarakat.

Persiapan untuk menyambut kedatangan UAS pun telah disiapkan jauh-jauh hari, dari pembersihan halaman masjid, dekorasi penyambutan, pemasangan umbul-umbul hingga rekayasa jalan untuk mengurai kemacetan.

Ustaz Abdul Somad (UAS) sendiri dijadwalkan akan menyampaikan tausiah pada peringatan Nuzulul Qur’an dan Haul Abah Haji (Guru H. Ahmad Zuhdianor dan Guru Zuhdi) digelar di Masjid Al -Muhajirin dari pukul 19.00 Wib dimulai dengan salat Isya dan Taraweh berjamaah terlebih dahulu.

Kedatangan Ustaz Abdul Somad ini pun diperkirakan akan kedatangan ribuan jamaah sehingga bisa terjadi perpadatan di jalan raya.

Sebab itu, jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Katingan telah membuat rute jalan untuk memudahkan para jamah yang akan menuju lokasi sekaligus sebagai upaya mengurai kemacetan.

Ketua Pelaksana H Basri melalui Bidang Perlengkapan Ahmad Syarif mengatakan untuk menuju Masjid Al-Muhajirin terbagi menjadi tiga jalur.

BACA JUGA:   Kodim 1019 Katingan Lakukan Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial

Jalur Pertama jamaah arah Bangun Bango, bagi jamah yang melewati jalur ini diharapkan masuk jalan Telkom, pihak panitia telah memasang tanda untuk parkir kendaraan maupun mobil.

Untuk Jalur Kedua, Jamah dari arah Sampit bisa melewati jalan Berdikari atau depan Pos Lantas hingga Cempaga Buang disitu telah disiapkan parkiran.

Sedangkan jalur tiga, jamah dari arah Palangka Raya masuk jalan Baon Bango belok kiri dipertokoan emas.

“Nah sepanjang pertokoan emas sampai jalan perjuangan itu merupakan parkir untuk para jamaah. Di denah rute jalan juga telah kita tuliskan jalur merah itu tempat parkir-parkir,” ucapnya.

Ditempat terpisah Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo melalui Kasatlantas Iptu Lenina Olin mengatakan untuk penerapan pengalihan arus akan menyesuaikan sesuai kepadapatan arus lalu lintas

“Ketika rombongan datang rekayasa di simpang jalan telkom, keluar lewat perjuangan, tetapi tentativ kita lihat kepadatannya. Kami ingatkan untuk Tetap patuhi prokes dan bagi pengguna kendaraan bermotor tetap berhati-hati dalam berkendara,”imbuhnya.

BACA JUGA:   Umat Kristiani Kasongan Ramai Ziarah Kubur pada Malam Paskah

Selain itu, pihak panitia juga telah memberikan imbauan untuk para jamah agar membawa sejadah dan alas sejadah kelengkapan salat masing-masing mengiatkan karena Panitia tidak menyediakan karpet/alas duduk diluar masjid.

Masjid yang memiliki dua tingkat ini direncanakn Lantai 1 dan lantai 2 ruangan Masjid Al-Muhajirin untuk jamah laki-laki sedangkan untuk Jamah perempuan di posisi belakang dan samping kiri dan kanan Masjid.

Setelah itu, ulama ini akan dijadwalkan kembali bertausiah ke Kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara pada Minggu, 17 April 2022.

Tausiyah tersebut dalam rangka memeriahkan malam Nuzulul Quran. Acara dijadwalkan berlangsung di Masjid Raya Shiratal Mustaqim, Jalan Imam Bonjol sekitar pukul 20.00 WIB atau setelah selesai salat tarawih.

Kemudian setalah itu, UAS dijadwalkan hadir Kota Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya pada peringatan Nuzulul Quran yang tepatnya pada 17 Ramadan 1443 atau pada 18 April 2022.

(Kawit/Beritasampit.co.id)