Debit Air Sungai Katingan Meningkat

KAWIT/BERITA SAMPIT - Debit Air Sungai Katingan meningkat dari sebelumnya.

KASONGAN – Debit air Sungai Katingan di Kota Kasongan Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan saat ini meningkat dibanding sebelumnya.

Peningkatan debit air ini sejak beberapa hari terakhir, hal ini semenjak curah hujan yang cukup lebat kerap mengguyur wilayah Katingan.

Bahkan belum lama ini, ketinggian air sempat masuk kepemukiman warga salah satu di wilayah Tumbang Samba. Kendati demikian, air dengan cepat kembali normal. Namun warga sempat khawatir akan ada banjir seperti tahun sebelumnya.

BACA JUGA:   Terkait Kasus Tipikor Penyalahgunaan APBDes, Mantan Kades Di Katingan Dipidana

“Ia kemaren sempat naik, tapi sudah kembali surut,” ujar Anggota BPD Desa Samba Katung Rahmadi.

Ditempat terpisah, dari pantauan pagi ini Senin, 18 April 2022 di wilayah Kasongan, rata-rata debit air Sungai Katingan sudah menyentuh bibir sungai. Bahkan di beberapa tempat, air sungai sudah meluap ke permukaan.

Menurut informasi yang diperoleh, sejak beberapa hari terakhir air Sungai Katingan di wilayah hulu, seperti Katingan Hulu, Kecamatan Marikit maupun Kecamatan Katingan Tengah juga pasang bahkan sempat meluap ke permukaan.

BACA JUGA:   Halal Bihalal Partai Golkar, Nanang Optimis Hadapi Pemilu 2024

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Roby mengatakan jika berdasarkan prakiraan cuaca pihak BMKG Kalteng hujan disertai angin dan petir bakal terus berlangsung hingga awal April 2022.

“Kita mengimbau warga Katingan agar mewaspadai terkait curah hujan yang tinggi ini, sebab bisa saja karena curah hujan tinggi maka akan terjadi banjir seperti tahun lalu karena Sungai Katingan meluap,” sebutnya

(Kawit/Beritasampit.co.id)