Festival Budaya Isen Mulang Akan Dimeriahkan Dengan 17 Lomba

HARDI/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Adiah Chandra Sari.

PALANGKA RAYA – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar acara launching Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2022, yang dilaksanakan di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Selasa 26 April 2022.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Adiah Chandra Sari menyampaikan, Festival Budaya Isen Mulang adalah kegiatan festival budaya yang telah dilaksanakan sejak tahun 1993.

“Tujuan awal penyelenggaraan Festival ini adalah sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah yang diperingati setiap bulan Mei pada setiap tahun. Kegiatan ini diikuti oleh 13 Kabupaten dan 1 Kota di Kalimantan Tengah,” jelasnya

Festival Budaya Isen Mulang telah tercatat dan masuk dalam 110 event terpilih nasional atau yang dikenal dengan nama Kharisma Event Nusantara tahun 2022. Pada FBIM tahun ini yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 sampai dengan 22 Mei 2022, Ada 17 cabang yang dilombakan yaitu Lomba Maneweng, Manetek dan Manyila Kayu, Lomba Habayang, Lomba Jukung Tradisional, Lomba Besei Kambe, Lomba Sepak Sawut, Lomba Mangenta, Lomba Karungut, Lomba Balogo, Lomba Tari, Lomba Malamang, Lomba Lawang Sakepeng, Lomba Lagu Daerah, Pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata, Lomba Manyipet, Lomba Mangaruhi, Lomba Vlog, Lomba Karnaval Budaya.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Serahkan LKPD Tahun Anggaran 2023

“Selain 17 cabang lomba tersebut, pada saat acara penutupan akan dilaksanakan festival Mangenta, yaitu salah satu tradisi khas suku dayak kalimantan tengah dalam mengolah makanan yang mana kegiatan mangenta ini akan dicatat oleh Musium Rekor Indonesia,” lugasnya.

Dalam pelaksanaan Mangenta ini, tidak hanya diikuti oleh 14 kabupaten/kota di Kalimantan Tengah, namun juga kami undang seluruh SOPD dilingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, instansi vertikal, Perbankan, organisasi kemasyarakatan, dan lainnya untuk dapat terlibat dalam rangka melestarikan tradisi leluhur, serta juga memperkenalkan kepada seluruh masyarakat baik lokal,nasional maupun manca negara akan tradisi, dan makanan khas kalimantan tengah ini.

BACA JUGA:   Pembangunan Kawasan Shrimp Estate Seluas 40,17 Hektare

“Adapun total seluruh kontingen Kabupaten/Kota yang akan memeriahkan FBIM tahun 2022 adalah sebanyak kurang lebih 2000 orang. Kita berharap semoga acara FBIM tahun 2022 ini mampu menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan seni pertunjukan yang selama pandemi covid 19 ikut terpuruk. Dan tentu saja pelaksanaan kegiatan FBIM tahun 2022 ini, tetap mengedepankan protokol kesehatan,” jelasnya.

Mendapatkan kemenangan bukanlah tujuan utama Festival Budaya Isen Mulang. Lebih dari hal tersebut adalah bagaimana kita bisa melestarikan budaya Kalimantan Tengah yang beraneka ragam supaya dapat lebih dikenal khalayak ramai. Mari kita sukseskan FBIM tahun 2022. Budaya Kuat, Rakyat Sejahtera, Kalteng semakin berkah. (Hardi/beritasampit.co.id).