Imunisasi Dasar Lengkap Stunting di Barsel Mencapai 93,4 Persen

DEDDY/BERITA SAMPIT - Kadinkes Barsel drg. Daryono Sukiastono, M.AP.

BUNTOK – Pencapaian Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) Stunting di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) mencapai 93,4 persen pada tahun 2021 yang lalu, walupun mengalami penurunan pada tahun sebelumnya angka presentase masih baik dan patut diapresiasi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Barsel drg. Daryomo Sukiastono, M.AP kepada beritasampit.co.id, Rabu 11 Mei 2022 mengatakan, pada tahun 2020 lalu mendapati angka presentase 93,8 persen namun di tahun 2021 mengalami penurunan menjadi 93,4 persen.

Kata Dia, pencapaian IDL di daerah ini masuk dalam urutan ketiga terbesar untuk pelaksanaanya, dan nomor tiga bukan berati urutan yang terendah justru urutan ke tiga terbesar dalam capaiannya hingga saat ini.

BACA JUGA:   Dishub Barsel Bangun Posko Pengamanan Arus Mudik Lebaran

“Urutan ke tiga bukan berati yang terendah, justru sebaliknya kabupaten yang bertajuk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini merupakan urutan ketiga terbesar dalam capaiannya bahkan hingga saat ini,” jelas Daryomo Sukiastono.

Terkait capaian IDL Stunting ini Dia menghimbau agar kiranya seluruh masyarakat Barsel untuk terus mendukung pemerintah daerah dalam segala program-programnya termasuk IDL stunting.

“Kepada masyarakat Kabupaten Barsel juga diimbau, kiranya untuk terus mendukung pemerintah daerah dalam segala program-programnya termasuk juga dengan program IDL stunting ini,” tutur drg. Daryomo.

BACA JUGA:   DLH Barsel: Pengelolaan Sampah Sistem Sanitary Landfill Terkendala Tanah Penutup

Selain dukungan dari masyarakat, yang tidak kalah pentingnya juga kata Dia, adalah dukungan anggota yang ada di lapangan sangat diperlukan sekali. Data tahun 2022 ini, masih terus berjalan tentunya juga diharapkan IDL stunting ini akan terus mengalami kenaikan.

“Data di tahun 2022 ini masih terus berjalan yang kita harapkan capaian IDL stunting di Kabupaten Barsel akan terus mengalami kenaikan,” pungkas Daryomo Sukiastono. (Ded/beritasampit.co.id).