Kado Istimewa Akhir Masa Jabatan Bupati Barsel Kembali Meraih Opini WTP Kelima Kali

DEDDY/BERITA SAMPIT - Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri, ST saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kabupaten Barito Selatan tahun anggaran 2021.

BUNTOK – Prestasi yang membanggakan serta kado istimewa di penghujung kepemimpinan H. Eddy Raya Samsuri, ST sebagai Bupati Barito Selatan (Barsel) serta Wakil Bupati Satya Titiek Atyani Djoedir. Sebab pada masa kepemipinannanyalah daerah ini mencetak sejarah karena kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-5 kalinya.

Keberhasilan meraih opini WTP yang kelima kalinya ini adalah atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) kabupaten/kota se-Kalteng tahun anggaran 2021 yang dilaksanakan di aula Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK-RI) Perwakilan Kalteng, Jumat 13 Mei 2022.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Barsel Akhmad Akmal Husaen, S.STP., MA kepada beritasampit.co.id saat dihubungi melalui pesan singkat WhatsApp Sabtu 14 Mei 2022 mengatakan, Kabupaten Barsel kembali meraih opini WTP yakni suatu opini tertinggi yang menjadi harapan dari semua Pemerintah Kabupaten/Kota.

Tentunya pula menunjukan bahwa inilah opini atas pengelolaan laporan keuangan yang telah dijalankan pada tahun 2021 lalu. Harapannya dengan opini yang telah diraih ini bisa menjadi penambah semangat bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya untuk bisa melaksanakan pengelolaan keuangan dengan lebih baik lagi.

“Lebih tertib, lebih teratur, terus berkoordinasi dan berkomunikasi atar pihak-pihak yang terkait sehingga kualitas laporan keuangan dari tahun ke tahun akan semakin lebih baik lagi,” katanya.

BACA JUGA:   KPU Barsel  Berharap Dukungan Insan Pers Mengiformasikan Tahapan Menuju Pemilu Serentak 2024

Menurut Akmal, walupun opini telah diraih dengan yang terbaik yaitu opini WTP, namun tetap mempunyai pekerjaan rumah kedepan yaitu untuk melaksanakan tindak lanjut atas tindak lanjut rekomendasi atas temuan-temuan yang ada dalam laporan hasil pemeriksaan tersebut selama 60 hari kedepan.

“Sebab ini juga merupakan hal penting, karena akan mempengaruhi untuk penilaian-penilaian di tahun yang akan datang. Jadi tindak lanjut ini juga perlu mendapatkan perhatian serius dari seluruh perangkat daerah yang terkait dengan dikoordinir oleh Inspektorat daerah sehingga ini menjadi perhatian bagi semua,” jelasnya.

Pegiat olahraga golf ini menambahkan, opini WTP yang didapatkan kelima kalinya pada tahun 2022 ini tentunya juga tidak lepas dari dukungan dan suport yang sangat luar biasa dari Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri, ST dan Wakil Bupati Satya Titiek Atyani Djoedir, sehingga seluruh perangkat daerah bisa melaksanakan pengelolaan keuangan dengan baik.

“Tentunya kualitas opini WTP ini perlu terus untuk ditingkatkan sehingga opini inipun juga menjadi pemacu semangat bagi seluruh perangkat daerah agar semakin lebih baik lagi,” tutur Akhmad Akmal Husaen.

BACA JUGA:   70 Persen Warga Binaan Rutan Buntok Didominasi Kasus Narkotika

Sementara itu, Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri, ST menuturkan, dengan kembali meraih opini WTP untuk kelima kalinya ini atas LKPD Barsel tahun anggaran 2021 juga sekaligus merupakan hadiah terindah dan terakhir di masa jabatan yang diembannya bersama Wakil Satya Titiek Atyani Djoedir selama lima tahun memimpin pemerintahan di Kabupaten Barsel ini.

“Syukur Alhamdulillah ini bagi kami adalah ibarat hasil akhir yang baik di akhir masa jabatan,” ucapnya.

Dia mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel yang telah bekerja keras sehingga menghasilkan kinerja yang baik pula.

Sehingga salah satu output yang diperoleh, yakni dengan meraih kembali opini WTP dan tentunya raihan ini tidak akan bisa didapat tanpa adanya kerjasama serta kekompakan termasuk kinerja yang baik dari seluruh jajaran ASN di lingkungan Pemkab Barsel.

“Oleh karena itu, atas nama pribadi serta pemerintah daerah sangat dan sangat mengapresiasi setinggi-tingginya atas keberhasilan ini dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerjasama yang baik selama ini hingga membuahkan hasil yang gemilang bagi kita semua,” pungkas Eddy Raya Samsuri. (Ded/beritasampit.co.id).