Diikuti 33 Negara, Kalteng Akan Menjadi Tuan Rumah UCI MTB Eliminator World Cup

IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nuryakin saat pimpin rapat persiapan Kota Palangka Raya sebagai tuan rumah Union Cycliste Internationale (UCI) mountain bike (MTB) Eliminator World Cup.

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nuryakin pimpin rapat persiapan Kota Palangka Raya sebagai tuan rumah Union Cycliste Internationale (UCI) mountain bike (MTB) Eliminator World Cup, yang dilaksanakan di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu 25 Mei 2022 kemaren.

Nuryakin saat menyampaikan paparan Gubernur Kalteng mengatakan penyelenggaraan UCI MTB Eliminator World Cup di Kota Palangka Raya yang direncanakan diselenggarakan tanggal 28 Agustus 2022 nanti, merupakan salah satu bentuk komitmen bersama untuk memajukan prestasi olah raga, khususnya cabang olah raga bersepeda.

“Nantinya akan ada banyak atlit nasional dan internasional yang datang ke Palangka Raya. Diperkirakan peserta berasal dari 33 negara, sebagaimana yang disampaikan oleh Mr. Kristof Bruynell CEO City Mountainbike dari Belgia yang pada tanggal 17 Mei 2022 lalu yang didampingi Sekretaris Jenderal Pengurus Besar ISSI Pusat beserta rombongan sekaligus melakukan survey lokasi di Kota Palangka Raya,” katanya melalui rilis yang diterima pada Kamis, 26 Mei 2022.

BACA JUGA:   Membanggakan, Mahasiswa UMPR Ini Dapat Beasiswa IISMA di Spanyol

Dia mengajak, untuk belajar kepada mereka bagaimana konsep dan pengembangan prestasi sepeda. Selain tugas sebagai tuan rumah yang baik, sukses dan lancar dalam penyelenggaraan juga harus menjadikan momentum ini untuk menimba pengalaman bagi atlit kita di Kalteng agar mampu meraih prestasi nasional dan internasional.

Setelah selesai melaksanakan rapat, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng beserta rombongan meninjau rencana lokasi venue untuk kegiatan kejuaraan MTB Internasional di Stadion Tuah Pahoe dan stadion indoor Jalan Tjilik Riwut KM. 5 Palangka Raya. Disela-sela peninjauan, Nuryakin mengungkapkan bahwa pemerintah bersama forkopimda dan instansi terkait telah melakukan rapat koordinasi dalam rangka persiapan menyambut event internasional.

BACA JUGA:   Kolaborasi Antara Pemprov Kalteng dan BI Terjalin Dengan Sangat Baik

“Dalam rapat telah disepakati beberapa hal termasuk peninjauan lokasi ini. Lokasi perlombaan nanti akan digelar di stadion Tuah Pahoe, tentunya dengan beberapa pembenahan,” jelasnya.

Nuryakin menyebut, event skala internasional tersebut merupakan momentum strategis untuk mempromosikan Kalimantan Tengah ke dunia internasional.

Perlu diketahui, UCI MTB Eliminator World Cup merupakan perlombaan dengan format XCE yang termasuk kategori piala dunia eliminator. Kategori level perlombaan diantaranya World Championship yang digelar 1 kali dalam setahun, World Cup, hors Class, C1, C2 dan C3.

Untuk diketahui, Cross-counry eliminator (XCE) adalah format balapan sepeda gunung yang dapat diselenggarakan di perkotaan, dimana empat pembalap bersaing satu sama lain dalam lintasan pendek dengan jarak 500 m – 1000 m. (Hardi/beritasampit.co.id).