Bupati Optimistis Perekonomian Gunung Mas Semakin Bergeliat

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong didampingi istri Mimie Mariatie, Wakil Bupati Efrensia LP Umbing dan lainnya memotong tumpeng dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-20 kabupaten setempat di Kuala Kurun, Selasa (21/6/2022). ANTARA/Chandra

KUALA KURUN – Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong optimistis sektor perekonomian di kabupaten setempat akan semakin bergeliat, seiring semakin terkendalinya pandemi COVID-19 dan aktivitas masyarakat yang kembali normal.

“Terutama lapangan pekerjaan akan semakin terbuka, yang pada gilirannya akan menekan angka pengangguran dan kemiskinan,” ucapnya usai memimpin upacara Hari Jadi ke-20 Gunung Mas di Kuala Kurun, Selasa 21 Juni 2022.

Dia mengakui, sampai 2021 lalu terdapat dua indikator yang mengalami pertumbuhan negatif yakni tingkat pengangguran mencapai 3,11 persen dan angka kemiskinan mengalami kenaikan menjadi 5,35 persen.

Jaya menyebut, kenaikan angka kemiskinan terjadi di seluruh kabupaten/kota di Kalteng, sedangkan untuk angka pengangguran terbuka hanya lima kabupaten yang tidak mengalami kenaikan.

BACA JUGA:   Mediasi Antara Ahli Waris Betang Engkan bersama PT. ALS Temukan Kata Kesepakatan

“Hal itu tidak lepas dari dampak pandemi COVID-19. Tetapi diharapkan ke depan dengan semakin terkendalinya pandemi COVID-19 dan aktivitas masyarakat yang kembali normal maka perekonomian akan bangkit,” katanya.

Optimisme ini cukup beralasan melihat Indeks Pembangunan Manusia yang mencapai 71,03, laju pertumbuhan ekonomi 5,09 persen, dan Pendapatan Domestik Regional Bruto per kapita mencapai 52,98 juta rupiah, dan gini ratio berada di angka 0,278.

“Empat indikator tadi dari tahun ke tahun menunjukkan tren positif yang cukup melegakan bagi pembangunan Gunung Mas ke depan,” kata Jaya.

Di sisi lain, untuk pengelolaan keuangan, Gunung Mas patut bersyukur karena beberapa waktu lalu telah menerima hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan dan mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian atas penyelenggaraan laporan keuangan 2021.

BACA JUGA:   Perubahan Ijin Mendirikan Bangunan Menjadi PBG Mendorong Investasi Daerah 

Menurut Jaya, keberhasilan itu terjadi berkat kerja keras dan kerja sama yang bagi dari seluruh pihak di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

“Di kesempatan yang baik ini, dalam rangka memperingati hari jadi ke-20, saya mengimbau dan mengajak kita sekalian untuk terus bergandengan tangan, menghilangkan perbedaan, saling mendukung, berjuang dengan tekad yang kuat, berpacu dengan waktu, berkarya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat yang semakin baik ke depan,” demikian Jaya.

ANTARA