Bunda PAUD Sukamara Upayakan Lembaga PAUD Peroleh HI

Bunda PUAD Sukamara Siti Zulaiha Windu Subagio

SUKAMARA – Bunda PUAD Sukamara, Siti Zulaiha Windu Subagio mengatakan bahwa hingga saat ini di Kabupaten Sukamara baru ada tiga lembaga PAUD Holistik Integratif atau HI.

Siti menjelaskan jika saat ini masih ada 15 lembaga PAUD yang ada dalam binaannya untuk menuju PUAD HI.

“Untuk di Kecamatan Sukamara ada satu lembaga yaitu TK Perdana dan di Kecamatan ada dua, saat ini kita sedang membina atau monev 15 lembaga untuk menuju PAUD HI,” terang Siti Zulaiha, Rabu 22 Juni 2022.

BACA JUGA:   PKK Sukamara Optimalkan Peran Posyandu dalam Pencegahan Penanggulangan Stunting

Siti Zulaiha Windu Subagio menrangkan PAUD Holistik Integratif adalah penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, dan pusat.

“PAUD HI ini kita memfasilitasi untuk lembaga PAUD dalam memberikan pelayanan dan pemenuhan hak anak, mulai dari kesehatan, pendidikan, perlindungan terhadap kekerasan dan sebagainya,” terang Siti Zulaiha.

BACA JUGA:   Begini Cara Dinkes Sukamara Isi Tenaga Kesehatan di Puskesmas Perluasan

Tujuan PAUD Holistik Integratif, secara umum adalah terselenggaranya layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia; sedangkan secara khusus.

“Untuk tiga Lembaga PAUD HI di Kabupaten Sukamara telah bekerjasama dengan beberapa instansi sepeti dinas kesehatan, dinas pendidikan, dinas sosial,” tukas Siti Zulaiha. (enn/beritasampit.co.id).