Perputaran Uang Selama 13 Hari Bazar di Kotim Capai Rp 25 Miliar

RAMAI :IM/BERITA SAMPIT - Para pengunjung bazar UMKM Harati terpantau membludak saat malam penutupan.

SAMPIT – Ketua panitia sekaligus Ketua UMKM Harati Rahmat Noor mengungkapkan bahwa perputaran uang selama pelaksanaan bazar mencapai miliaran rupiah.

“Perputaran uang selama bazar sebesar Rp 25 miliar, dengan capaian ini menandakan bahwa perekonomian masyarakat setelah dua tahun akibat pandemi Covid-19 sudah mulai bangkit. Semoga kedepannya kami mampu menggelar acara serupa,” tutur Rahmat Noor, Sabtu 25 Juni 2022 malam.

Disampaikan pria yang akrab disapa Rahmat Kotim itu, kegiatan bazar tersebut terlaksana dengan lancar dan sukses karena adanya semangat kaum pemuda dan para pengusaha UMKM di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

WAWANCARA :IM/BERITA SAMPIT – Ketua UMKM Harati sekaligus Ketua panitia pelaksana Rahmat Noor atau Rahmat Kotim.

Ia tidak menampik bahwa terselenggaranya kegiatan itu tidak lain karena swadaya dengan hanya menjual stand yang berpartisipasi sebagai peserta termasuk juga ada fasilitas yang diberikan oleh pemerintah daerah.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Lanjutkan Masa Jabatan Setelah Gugatan ke MK Dikabulkan

“Perputaran uang sebesar Rp 25 miliar itu datang dari penjualan, penghasilan parkir, warung sekitar, termasuk juga dari para pelaku UMKM seperti jajanan. Dengan adanya perputaran ekonomi di Kotim luar biasa pasca pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Ia menambahkan, perputaran uang itu juga terjadi karena adanya penambahan stand yang semula berjumlah 70 stand, namun karena ada perpanjangan waktu kegiatan stand bertambah menjadi 90.

Hal itu terjadi karena adanya para pedagang yang baru selesai berjualan di Pangkalan Banteng, Kotawaringin Barat.

“Saat saya coba tanya ke para penjual untuk satu pedagang kaki lima dalam satu malam bisa mencapai Rp 5 sampai 6 juta dalam satu malam. Sementara untuk stand pengakuan mereka satu malam bisa mencapai Rp 15 sampai 20 juta permalamnya,” bebernya.

BACA JUGA:   Mendapat Keluhan Warga, Taman Kota Sampit Akan Dirancang Ulang dengan Jasa Konsultan

Terpisah Asisten III Sekretaris Daerah Saleh yang mewakili Bupati Halikinnor memberikan apresiasi dengan pelaksanaan bazar tersebut. Dengan adanya pelaksanaan kegiatan seperti itu tentu sangat membantu pemerintah daerah dalam membangkitkan ekonomi masyarakat setelah disulitkan oleh pandemi.

Dari pantauan media ini, meskipun diguyur hujan antusias masyarakat yang berkunjung tetap tinggi. Terpantau lokasi bazar dipenuhi oleh warga yang berkunjung bersama teman dan sanak keluarga. (im/beritasampit.co.id).