PMI Barito Timur Diminta Tingkatkan Pelibatan Masyarakat

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas bersama FKPD berfoto bersama jajaran PMI setempat dalam musyawarah kabupaten ke-3 PMI Barito Timur di Tamiang Layang, Sabtu (25/6/2022). ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim

TAMIANG LAYANG – Bupati Barito Timur di Provinsi Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas meminta Persatuan Palang Merah Indonesia (PMI) di wilayah setempat untuk bisa bergerak bersama dan meningkatkan pelibatan masyarakat.

“Saya berharap PMI menjadi organisasi sosial yang bisa bergerak bersama masyarakat dalam setiap penanganan kebencanaan,” kata Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Senin 27 Juni 2022.

Menurut dia, PMI merupakan organisasi sosial yang tidak hanya melayani sebagai Bank Darah darah, tetapi sebagai organisasi sosial yang ikut serta membantu masyarakat yang terkena dampak bencana.

Ampera juga mengharapkan musyawarah kabupaten ke-3 PMI Barito Timur yang dilaksanakan Sabtu (25/6), juga menghasilkan pengurus yang berjiwa sosial tinggi dan bisa bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Barito Timur, serta pihak perusahaan swasta lainnya.

BACA JUGA:   KNPI Kabupaten Barito Timur Safari Ramadan di Tiga Kecamatan

“Perusahaan swasta bidang perkebunan dan pertambangan bisa dirangkul,” kata Ampera.

Sekretaris PMI Kabupaten Barito Timur dr Vinny Safari menjelaskan kolaborasi antara RSUD Tamiang Layang dan PMI setempat dalam bank darah dan transfusi darah sudah berjalan dengan baik.

PMI Kabupaten Barito sudah melakukan aksi-aksi sosial seperti di awal pandemi COVID-19. Selain itu, PMI Kabupaten Barito Timur memiliki relawan-relawan yang siap dan sudah melakukan kerja sosial.

“Aksi sosial yang sudah dilaksanakan diantaranya membantu warga terdampak banjir, kebakaran dan penyemprotan desinfektan ke rumah-rumah ibadah,” kata Vinny.

BACA JUGA:   Dishub Bartim Fasilitasi Pemudik Jelang Lebaran

Perempuan yang juga menjabat Direktur RSUD Tamiang Layang menambahkan PMI juga memberikan bekal pelatihan bagi relawan-relawan dalam penanganan korban kecelakaan, seperti pertolongan pertama pada kecelakaan. Relawan juga memberikan bimbingan kesehatan kepada masyarakat.

PMI Kabupaten Barito Timur juga memiliki kerja sama dengan beberapa instansi pemerintah dalam penyediaan darah kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti Polres, Kejari, PN Tamiang Layang, rumah tahanan (rutan) setempat dan sejumlah instansi lainnya.

“Polres Barito Timur bisa melaksanakan kegiatan donor darah bekerja sama dengan PMI Kabupaten Barito Timur hingga tiga kali dalam setahun,” demikian Vinny.

ANTARA