Pemprov Kalimantan Tengah Harapkan Popprov Torehkan Prestasi Nasional

Para atlet pelajar dari seluruh kabupaten dan kota yang mengikuti Popprov 2022, Palangka Raya, (27/6/2022). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) mengharapkan atlet yang bertanding pada Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) 2022 di Palangka Raya, 27 Juni-3 Juli mampu menorehkan prestasi yang menyamai atlet nasional.

“Yang kami inginkan mereka ini terpacu untuk melampaui prestasi nasional, katakanlah atletik misalnya sekian detik, minimal sama,” kata Sekda Kalteng Nuryakin di Palangka Raya, Selasa 28 Juni 2022.

Pemprov menginginkan digelarnya Popprov benar-benar dimanfaatkan para atlet untuk memacu diri dan semangat juang mengukir prestasi memberikan yang terbaik bagi daerah.

“Kita ingin mengukur pembinaan prestasi olahraga pelajar di tingkat provinsi, serta memotivasi dan mengoptimalkan pengembangan potensi atlet pelajar daerah untuk mengikuti kompetisi di tingkat nasional,” katanya menambahkan.

BACA JUGA:   HUT RI ke 77, Ini Pesan Mendikbudristek Kepada Civitas Akademika UPR

Selain sebagai wahana seleksi olahraga di tingkat pelajar serta mengukir prestasi, pihaknya ingin mengoptimalkan kegiatan tersebut untuk memperoleh bibit atlet pelajar potensial untuk bisa dipersiapkan dan dibina secara lebih lanjut.

Nuryakin juga berharap Popprov 2022 Kalteng menjadi sarana pemersatu dan mempererat kebangsaan, menjaga sportivitas dan menyambung silaturahmi dengan semangat Isen Mulang dan Huma Betang.

Pelaksana Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalteng Iswahono menambahkan, kejuaraan ini juga untuk menghadapi Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI Wilayah III di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Agustus-September serta menghadapi POPNAS 2023 di Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.

BACA JUGA:   Jamaah Haji Palangka Raya Bersiap Laksanakan Wukuf di Arafah

“Agenda ini sebagai ajang seleksi dan sekaligus evaluasi hasil pembinaan olahraga pelajar se-Kalimantan Tengah,” katanya menegaskan.

Popprov 2022 Kalteng mempertandingkan 129 nomor tanding dari 13 cabang olahraga, meliputi atletik, bola basket, bola voli pasir, bulu tangkis, karate, panjat tebing, pencak silat, sepak takraw, sepak bola, taekwondo, tenis meja, tenis, dan balap sepeda sebagai cabang olahraga eksibisi.

ANTARA

(Visited 1 times, 1 visits today)