Perkuat Ketahanan Pangan, Polsek Pangkalan Banteng Kembangkan Tanaman Holtikultura 

Ist/BERITA SAMPIT : Kapolsek Pangkalan Banteng Ipti Faisal Firman Gani , nampak sedang berda di lokasi tanaman sayur ala Hortikultura samping Kantor Polsek.

PANGKALAN BUN – Dalam rangka memperkuat ketahanan pangan, Polsek Pangkalan Banteng, kembangkan Tanaman Holtikultura, bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kotawaringin Barat.

 

Kini halaman samping  kantor Polsek Pangkalan Banteng di sulap untuk mengembangkan tanaman.

 

Kapolsek Pangkalan Banteng Iptu Faisal Firman Gani mengatakan, jajarannya mendukung program pemerintah, dalam upaya memperkuat ketahanan pangan. 

 

Menurutnya, pengembangan tanaman Holtikultura ini pun sebagai motivasi bagi masyarakat untuk kembali menanam.sebab saat ini di masa pemulihan ekonomi masyarakat pasca Pandemi Covid-19 sangat penting, yang salah satunya memanfaatkan pekarangan dengan menanam sayur mayur.

 

“Kami memanfaatkan lahan yang masih kosong, kebetulan di samping kantor Polsek Pangkalan Banteng ada lahan kosong, kini kami sulap untuk tempat pengembangan tanaman sayur mayur, dan kebetulan untuk bibitnya kami dapatkan dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kobar, ini bukti nyata sinergitas antara Polri dan Pemerintah daerah dalam upaya memperkuat ketahanan pangan,” ujar Iptu Faisal Firman Gani, Selasa 12 Juli 2022.

BACA JUGA:   Survei Indopol: Calon Bupati Kobar 2024 Rakhman Ebol Bersaing Ketat dengan Petahana

 

Sementara itu PLT. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kobar H. Akhmad Yadi, melalui Kabid Konsumsi dan keamanan pangan Adi Budiarto, SP menjelaskan, sejak Pandemi Covid-19, minat masyarakat untuk menanam di lahan pekarangan sangat tinggi. 

 

“Kami sangat berterima kasih kepada jajaran Polsek Pangkalan Banteng, yang bersedia membantu program kami mengembangkan tanaman, untuk memperkuat ketahanan pangan di Kobar, saat ini antusias masyarakat untuk menanam sangat tinggi,” Ujar Budiarto. 

BACA JUGA:   Pj Bupati Kobar Buka Pasar Wadai, H. Budi Santosa : Sebentar Lagi Akan Digelar Pasar Murah Ramadan

 

Apalagi, lanjut Budi, saat ini dengan harga sayuran yang cenderung semakin mahal, akhirnya banyak warga juga mulai tertarik untuk menanam sendiri, terutama cabai. 

 

“Melalui Rumah Obor Pangan Lestari, Dinas Ketahanan Pangan berusaha untuk menyiapkan berbagai bibit sayuran untuk dibagikan ke kelompok warga maupun perorangan, kami berikan secara gratis, dan untuk mendapatkannya tanpa persyaratan yang ribut, yang penting mau menanam,” pungkas Budiarto . (man/beritasampit.co.id)