UPR menuju Kampus Internasional

PAPARAN : KAWIT/BERITA SAMPIT - Rektor UPR Andrie Elia saat memberikan paparan di depan peserta Orientasi Keorganisasian PWI. Sabtu 17 Juli 2022.

PALANGKA RAYA – Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Andrie Elia menyampaikan kuliah umum di kegiatan Orientasi Keoraganisasian Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Tengah, Sabtu 16 Juli 2022.

Dia mengapresiasi peran media dalam pembangunan, kesehatan hingga pendidikan, selama ini UPR terus terbuka membangun kemitraan kepada para jurnalis terutama soal pemberitaan pendidikan dalam peningkatan SDM.

Dikesempatan itu, dirinya banyak memaparkan kemajuan kampus kebanggaan masyarakat Kalteng tersebut.

Pada masa jabatannya Andrie Elia selalu berupaya untuk mengembangkan dan meningkatkan peringkat perguruan tinggi baik tingkat nasional maupun tingkat internasional.

Hal ini dapat dilihat dari usaha dan kerja keras Rektor dan tim yang ada dalam mengembangkan UPR dari segi pembangunan, infrastruktur, penataan sistem manajemen dan akademik yang terus mengikuti perkembangan teknologi yang bertujuan untuk menjadikan UPR sebagai Perguruan Tinggi terbaik, menghasilkan sumber daya manusia berkualitas, bermoral Pancasila dan berdaya saing tinggi.

Salah satu kerja nyata yang terlihat yaitu dengan dibangunnya gedung Pusat Pengembangan Iptek dan Inovasi Gambut (PPIIG)  dan dua gedung kuliah setinggi enam lantai dengan fasilitas moderen.

BACA JUGA:   Panggung Seni Budaya, Wujud Nyata Pertahankan Kelestarian Budaya Ditengah Masyarakat

Gedung tersebut dinamakan gedung merah putih fasilitas yang ada sangat luar biasa, ada ruang ujian dan pertemuan yang representatif dan sudah standar internasional.

“Saya optimis UPR akan menjadi Kampus Internasional, kami terus melengkapi fasilitas kampus kebanggaan kita agar sesuai standar internasional, jadi anak-anak kita tidak perlu lagi kuliah di luar kalimantan,” ucapnya.

Dirinya berharap kepemimpinan Rektor yang baru nantinya terpilih bisa lebih baik membawa UPR lebih jaya.

“Dulu diseputaran area gedung PPIIG dan gedung Merah Putih ini semuanya hutan belantara. Berkat kerja keras dan komunikasi yang terus kita bangun dengan pemerintah pusat akhirnya membuahkan hasil. Saya yakin tidak ada yang tidak bisa apabila ada keinginan yang kuat dalam memajukan dunia pendidikan, khususnya di tingkat Perguruan Tinggi,” tambahnya.

Dukungan terhadap kampus terbesar di Kalteng tersebut juga terus bertambah, bahkan UPR diberikan kepercayaan sebagai tuan rumah  kegiatan Nasional yaitu Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan.

BACA JUGA:   Pencarian Korban Tenggelam di Sungai Kahayan Ditutup, Hingga Hari ke Tujuh Belum Ditemukan

Di samping KKN Kebangsaan ke-X, UPR juga sekaligus menjadi Tuan Rumah pelaksanaan KKN Bersama BKS-PTN (Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat. Selain itu, kegiatan Seminar Kebangsaan juga akan digelar pada tanggal 17-19 Juli 2022, yang rencananya akan dihadiri beberapa tokoh nasional sebagai narasumber.

Adapun tokoh-tokoh nasional tersebut, di antaranya Ketua MPR RI H. Bambang Soesatyo, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim, KASAD TNI Jenderal TNI Dudung Abdurachman, dan beberapa tokoh lainnya. Kemudian, ada 78 Rektor berbagai universitas yang akan menghadiri acara tersebut.

Adapun tema yang diusung dalam KKN Kebangsaan ke-X Tahun 2022 ini adalah “Penerapan Falsafah Huma Betang Sebagai Perwujudan NKRI untuk Mendukung Pengembangan Lumbung Pangan (Food Estate) Menuju Kemandirian Nasional”.

(Kawit/beritasampit.co.id)